Pelayanan Jemput Bola Dokumen Kependudukan Ditutup, Pemdes: Terimakasih Iwo dan Disdukpencapil


 

SIBERONE.COM - Program pelayanan jemput bola Dokumen Kependudukan yang ditaja oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Inhil bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) dan Pemerintah Desa Kuala Sebatu secara resmi ditutup, Selasa (9/2/2021).

Kegiatan penutupan pelayanan secara seremonial ini dilaksanakan di Kantor Desa jalan Industri Parit 5 Cahaya Kembang Desa Kuala Sebatu.

Kepala Desa Kuala Sebatu, Yanti melalui Sekretaris Desa Kuala Sebatu, Drs Moch Idris, SH dalam sambutannya menyebutkan program yang berlangsung selama beberapa hari ini sangat membantu masyarakat dan Pemerintah Desa Kuala Sebatu berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ikatan Wartawan Online IWO) Inhil dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil).

"Ini merupakan upaya dari teman kita IWO Inhil yang sudah menjembatani Pemerintah Desa ke Disdukpencapil Inhil sehingga bisa terwujudnya pelayanan. Kita sangat bersyukur adanya pelayanan ini karena sangat membantu masyarakat," jelas Sekdes Kuala Sebatu.

Moch Idris juga mengapresiasi kinerja Disdukpencapil Inhil yang sudah memberikan inovasi pelayanan sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan Dokumen Kependudukan.

"Dalam tahap pertama ini kita sudah sangat maksimal melakukan pelayanan dan Dinas juga sudah memberikan kita kesempatan yang sama sehingga 4 dusun semua terlayani. Semoga tahap berikutnya kita bisa bekerjasama lagi jika kiranya data kami masih ada yang tertinggal," ujarnya.

Di kesempatan yang sama Ketua IWO Inhil, Muridi Susandi yang diwakili Sekretaris IWO Inhil, Habibie saat memberikan sambutan pada acara penutupan pelayanan Jemput Bola Dokumen Kependudukan menyebutkan program ini akan terus dilakukan oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Inhil ke desa-desa karena ini juga merupakan salah satu wujud berbuat kepada masyarakat.

"Program jempol bola ini terus kita tawarkan ke desa dan kami IWO Inhil akan mengawal hingga Program Nasi Uduk Disdukpencapil Inhil terealisasi dengan sukses. Setelah desa Kuala Sebatu mungkin dalam waktu dekat Desa Sialang Panjang, Pungkat, Tanjung Baru dan Gemilang akan segera kita mediasikan dengan Disdukpencapil Inhil," ujarnya.

Bukan hanya itu, lanjut Habibie, dalam konsep jurnalis melenial khusus pegangan di IWO Inhil, pewarta bukan lagi hanya fokus memberitakan tapi harus terjun turun merasakan apa yang ia tulis.

"Sejauh ini kami fokus mengkritik lewat tulisan dan kami lihat sering hasilnya masih kurang maksimal, untuk itu kami kawal dari apa yang kami tulis agar apa yang kita harapkan bisa sesuai, bahasanya pasarnya kawal sampai ke ujung. Selain itu kita juga sudah membawa permasalahan-permasalahan masyarakat ke DPRD Inhil guna mencari solusi agar mereka tidak pusing dalam mengurus administrasi kependudukan," imbuhnya.

Untuk diketahui, penutupan pelayanan jemput bola Dokumen Kependudukan di desa Kuala Sebatu dihadiri juga kepala UPT Kecamatan Batang Tuaka, Hasnawati serta staf desa Kuala Sebatu.

Pada sesi terakhir dilakukan pembagian Dokumen Kependudukan e-KTP, KIA dan Kartu Keluarga sert Akta yang sudah dicetak langsung oleh petugas registrasi desa.

Masyarakat yang hadir mengambil dokumen kependudukannya merasa bahagia sekali dengan adanya trobosan terbaru ini. " Sudah lama kami merekam tapi tak bisa diambil e-KTP nya karena tidak paham daftar lewat online, untung ada program ini jadi saya didaftarkan dan saya bisa punya e-KTP," kata Maulana saat bincang-bincang dengan media.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar