6 Rumah dan 2 Fasilitas Umum di Kuala Enok Rusak Berat Akibat Abrasi

Peninjauan lokasi tanah longsor di Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah Inhil (sumber foto: BPBD Inhil)

SIBERONE.COM - Kembali terjadi, sebanyak 6 rumah di Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) rusak akibat abrasi pada Jum'at (15/12/2023) malam.

Dalam bencana tanah longsor yang terjadi pada pukul 22.30 WIB ini tidak hanya merusak 6 rumah warga namun 2 fasilitas umum yang rusak berat. 

Berikut daftar nama 6 Kepala Keluarga yang rumahnya mengalami rusak berat akibat abrasi.

1. Yurnalis (Kepala Keluarga)

2. Gusyanto (Kepala Keluarga)

3. Ali nur rusli (Kepala Keluarga)

4. Al jupriadi (Kepala Keluarga)

5. Kho min (Kepala Keluarga)

6. Fadlan efendi (Kepala Keluarga)

Sedangkan 2 fasilitas umum diantaranya adalah:

1. 1 unit Masjid Nurul Jalal

2. 1 unit Majlis Ta'lim Bundo Kanduang

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), R.Irliansah, mengungkapkan setelah dilakukan peninjauan pada lokasi abrasi didapati 2 infrastruktur penting di Kelurahan Tanah Merah ikut mengalami kerusakan yang cukup berat. 

""Pertama, jalan umum sepanjang 30 meter mengalami rusak berat, dan 20 meter jerambah atau jembatan kayu yang dilewati masyarakat juga rusak berat," kata R.Irliansah saat dikonfirmasi, Minggu (17/12/2023) pagi.

Kemudian, dia menjelaskan bahwa pada Sabtu, (16/12/2023) pukul 23.40 terjadi kembali abrasi susulan, beruntung tidak ada korban jiwa saat peristiwa abrasi terjadi. Namun kerugian yang ditaksir kurang lebih sekitar Rp.2.000.000.000 (dua miliar rupiah).

"Semalam pukul 23.40 (16/12/2023) terjadi lagi abrasi susulan, di lokasi yang sama, yang terdampak masih sama. Korban tambahan tidak ada," tambah Kalaksa BPBD Inhil.

Menanggapi itu Kepala BPBD Inhil sebutkan bahwa upaya yang sudah dilakukan diantaranya menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa sembako, berjaga dan terus melakukan upaya evakuasi korban, dan mendata korban terdampak serta membersihkan berbagai sisa runtuhan bangunan.

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar