Akademisi Cantik Bergelar Doktor Menuju Kursi Legislatif, Akan Komit Perjuangkan Pendidikan

Caleg DPRD Provinsi Riau, Dapil Kota Pekanbaru, Ririn Handayani (sumber foto: Dok. Ririn Handayani)

SIBERONE.COM - Genderang pesta demokrasi Pemilu 2024 di Indonesia, sudah ditabuh. Berbagai isu mulai digaungkan sang kontestan alias calon legislatif (Caleg), untuk mendapatkan hati rakyat. Begitu juga halnya di Provinsi Riau. 

Adalah Ririn Handayani, perempuan yang selama ini tunak di dunia pendidikan, menasbihkan diri terjun dan masuk ke gelanggang politik. Lewat Partai Demokrat, wanita cantik dan berprestasi ini, sudah dipastikan maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Riau, dengan Dapil Kota Pekanbaru, pada Pileg 2024 mendatang. 

Sosok perempuan kelahiran Kota Pekanbaru ini, ternyata bukan sembarangan. Selain cantik dan supel, Ririn-sapaan akrab Ririn Handayani, ternyata bergelar doktor (S3). Dan dia satu-satunya Caleg perempuan yang menyandang gelar doktor akademis, serta masih aktif sebagai dosen S2 di Universitas Lancang Kuning (Unilak). 

Bukan hanya itu, di kalangan kampus di Indonesia, terutama perguruan tinggi di Provinsi Riau, putri ketiga pasangan Roesbandi dan Sri Soedarjati ini, bukan sekadar dosen biasa. Tapi wanita berparas cantik ini, adalah dosen yang menamatkan pendidikan Doktoral pada Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur. Gelar Doktor ini diraihnya pada tahun 2009, dengan judul Disertasi Pengaruh Budaya Nasional dan Kepribadian Terhadap Kensenjangan Anggaran melalui Partisipasi Anggaran (Studi Kasus Pemerintah kabupaten/kota se- Provinsi Riau).

 

Lalu, dengan kondisi kehidupan yang sudah mapan, dan memiliki segudang ilmu pengetahuan, kenapa tertarik dengan dunia politik, bahkan maju sebagai Caleg? 

"Sebenarnya berpolitik praktis sudah saya geluti sejak kuliah S1 di Universitas Riau karena saya kan Sarjana Ilmu Politik. Tapi sempat vakum selama 5 tahun, baru terjun kembali ke politik, tepatnya menjadi Kepala OKK DPD Partai Demokrat Riau, sejak tahun 2022 hingga sekarang. Kembali ke politik ini, karena merasa akan lebih banyak yang bisa diperbuat bagi dunia pendidikan, ketimbang hanya di kampus," papar Ririn, Senin (30/10/2023). 

Dengan modal pengetahuan dan koneksi yang ada, tambah Ririn, dirinya bisa memberikan peluang lebih banyak lagi, bagi anak-anak generasi muda Riau, untuk meneruskan sekolah hingga ke jenjang pendidikan tinggi. 

Caranya, dengan memperjuangkan anggaran pendidikan sesuai amanat UU, lalu merealisasikannya saat pembahasan di DPRD Riau bersama Pemprov Riau. Sebab, tujuan utama dirinya maju sebagai wakil rakyat, tidak lebih untuk mengabdi dan membantu masyarakat. 

"Intinya, saya akan berbuat lebih banyak lagi dalam mencerdaskan anak-anak di Riau. Makanya saya Bismillah, sudah membulatkan tekad, maju sebagai Caleg untuk DPRD Riau, dengan restu orangtua, keluarga dan kerabat dekat. Doakan saya sukses," pinta alumni SMAN 9 Pekanbaru ini berharap. 

Ya, sengkarut pendidikan di Provinsi Riau, hingga kini belum juga terselesaikan. Persoalan yang paling mendasar, belum meratanya kue pendidikan bagi masyarakat. Terutama bagi masyarakat menengah ke bawah. 

Padahal, sesuai amanat UU, anggaran pendidikan tersebut, wajib diposkan setiap tahun dari nilai APBD sebesar 20 persen. Namun kondisi ril yang terjadi, besaran persentase tersebut lebih dominan di infrastruktur. Sementara untuk peningkatan sdm itu sendiri masih minim.

"Betul, jika saya diamanahkan dan direstui masyarakat duduk jadi anggota DPRD Riau, fokus utama saya nanti tentang pendidikan ini. Bagaimana anak-anak di Riau harus bisa bersekolah tinggi, bahkan bisa didorong dengan beasiswa sebanyak-banyaknya. Saya akan perjuangkan all out," sebut pemilik gelar MM ini lagi. 

Bagi perempuan alumni SMPN 8/10 Pekanbaru ini, bangsa yang besar adalah bangsa yang mempunyai sumber daya manusia handal, kreatif dan pantang menyerah.

Tentunya membentuk ini, saluran yang paling tepat lewat pendidikan. Sebab dia sendiri sudah merasakannya, hingga kini dia berlabuh sebagai seorang pendidik atau dosen di S2 Unilak.***

Bio data:

Nama: Dr Ririn Handayani SIP MM

Tempat lahir: Pekanbaru, 3 Februari

Pendidikan terakhir: Doktoral (S3) Universitas Brawijaya

Profesi/pekerjaan: Dosen Pascasarjana Unilak 

Karir pendidikan:

1. SDN 008 Pekanbaru

2. SMPN 8 Pekanbaru

3. SMAN 9 Pekanbaru

4. S1 Hubungan Internasional Fisip UNRI

5. S2 Magister Manajemen Fekon UNRI

6. S3, Doktor Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Karir pekerjaan:

1. Wartawan (1995-2000) 

2. Rektor Univ Islam Indragiri Tembilahan (2010-2015) 

3. Dosen MM Pascasarjana Unilak (2016-sekarang) 

4. Dll

Karir Organisasi:

1. DPD Partai Golkar Riau Tahun 1999-2014.

2. Kepala Badan Pembinaan Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPD Partai Demokrat Riau 2022 sampai sekarang

3. Anggota Binpres Pengprov FORKI Riau Periode 2019-2023.

4. Ketua Umum Shindoka Kota Pekanbaru Periode4 2021-2026 

5. Manajer Sepak bola Tim KASTA FC. 

Sumber: wawancara.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar