Dinkes Inhil Paparkan Faktor Penyebab Obesitas dan Pencegahannya

Ilustrasi Obesitas (sumber foto: SehatQ)

SIBERONE.COM - Obesitas merupakan suatu gangguan yang melibatkan lemak tubuh berlebihan yang meningkatkan risiko masalah kesehatan. Obesitas sering kali terjadi karena kalori yang masuk lebih banyak daripada yang dibakar melalui olahraga dan kegiatan normal sehari-hari.

Obesitas menyerang di segala usia, baik dewasa maupun anak-anak. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil) saat ini jumlah kasus obesitas sebanyak 3871 kasus.

Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri SKM MKL melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Inhil Devi Natalia, SKM MH mengatakan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab obesitas diantaranya terjadi ketika kadar kalori masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut menyebabkan energi menjadi berlebihan, sehingga diubah menjadi cadangan dalam bentuk lemak. Selain itu, pengaruh genetik, perilaku dan hormonal pada berat badan juga menjadi salah satu penyebab obesitas.

"Kondisi ini juga dapat berhubungan penyebab medis, seperti sindrom Prader-Willi, sindrom Cushing, penyakit dan kondisi lainnya. Meski begitu, gangguan ini amat jarang terjadi. Secara umum, penyebab utama obesitas adalah jarang beraktivitas serta pola makan dan kebiasaan makan yang tidak sehat," ucapnya.

Devi menjelaskan ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi resiko obesitas yaitu Sejumlah faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena obesitas adalah genetik, gaya hidup, tidak aktif, diet tidak sehat, masalah medis tertentu.

Obesitas sentral ditandai dengan lingkar pinggang lebih dari 90 cm untuk laki-laki dan lebih dari 80 cm untuk perempuan.

Untuk mengatasi obesitas kata Devi tentunya menerapkan diet sehat, membatasi asupan kalori sehari-harinya, serta rutin melakukan aktivitas fisik.

"Cara mencegah obesitas utamanya dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti: rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, melakukan diet untuk menjaga berat badan ideal, membatasi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula serta tidur yang cukup," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar