Perjuangan Dinkes Inhil untuk Melayani Kesehatan Masyarakat di Kecamatan Kempas Jaya

Foto pelaksanaan penimbunan jalan menuju puskesmas Kempas Jaya. (Dokumentasi: Dinas Kesehatan Inhil)

SIBERONE.COM - Pusat Kesehatan Masyarakat yang biasa disingkat menjadi Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang bertujuan menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan perawatan individu tingkat pertama.

Mendirikan Puskesmas di suatu tempat tidaklah mudah karena selain harus memperhitungkan anggaran bangunan, kebutuhan fasilitasnya juga harus diinventarisasi supaya pelayanan terhadap kesehatan masyarakat betul-betul terpenuhi.

Begitu juga dengan Puskesmas Kecamatan Kempas Jaya,  Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Rahmi Indrasari saat dikonfirmasi media menyebutkan perjuangannya untuk mengoperasikan Puskesmas Kempas Jaya tidaklah mudah, Ia harus memutar otak agar anggaran yang ada bisa dimaksimalkan untuk pembangunan gedung serta mencukupi fasilitas pelayanan yang dianggap penting.

"Alhamdulillah berkat perjuangan kita semua Puskesmas tersebut sudah diresmikan oleh bapak Bupati Inhil HM Wardan dan sekarang sudah dinikmati oleh masyarakat," ujarnya, Kamis (20/07/2023).

Rahmi menjelaskan memperjuangkan Puskesmas tersebut bukan tanpa rintangan, banyak kendala yang dihadapi mulai dari administrasi hingga pekerjaan lapangan, namun semua bisa diatasi dengan bekerja secara tim dan dibantu oleh partisipasi masyarakat yang sangat senang dan bangga ada nya puskesmas di tempat mereka. 

"Semua pekerjaan dilaksanakan dengan tim jadi yang berat menjadi ringan," jelasnya.

Rahmi juga mengenang proses pekerjaan penimbunan jalan menuju ke Puskesmas Kempas Jaya yang dikerjakan pada tahun 2022 tersebut, dengan hanya memakan waktu 15 hari ia menggesa pihak ke 3 yang telah dipercayai untuk menyelesaikan pekerjaan.

"Setelah semua pekerjaan gedung selesai dan peresmian juga diwacanakan awal tahun, kami dari dinas mencoba menggesa pihak ke 3 agar pekerjaan timbunan jalan segera diselesaikan agar nanti pas peresmian bisa berjalan dengan lancar. Dengan pagu 173.950.000,- dengan waktu 15 hari sesuai dengan papan plank yang kita pasang, Alhamdulillah timbunan jalan selesai dikerjakan dan peresmian juga berjalan dengan baik," tukasnya.

Selain itu, Rahmi juga menambahkan, di tahun 2023 ini pihaknya kembali menganggarkan untuk pelaksanaan semenisasi jalan poros dan halaman dengan budget anggaran Rp 150.000.000,- dan saat ini masih dalam tahap perencanaan.

"Untuk kelanjutan tahapan penimbunan tersebut, pada tahun 2023 sebentar lagi akan dilakukan semenisasi jalan poros dan halaman Puskesmas Kempas dengan anggaran Rp 150.000.000,- yang pada saat ini sudah mulai dengan tahapan perencanaan, setelah selesai perencanan akan dilanjut dengan tahap pelaksanaan yang nantinya akan dipasang plank perkejaan waktu dan selesai perkerjaan semenisasi. Dengan selesai nya semenisasi diharap masyarakat tidak lagi kesulitan menuju Puskemas dan Tenaga Kesehatan dapat mengunakan halaman untuk berbagai kegiatan mereka sehari-hari," imbuhnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar