Diskominfo Bintan Gelar Rapat EPSS 2023 Bersama BPS

Rapat EPSS 2023 Kabupaten Bintan, (sumber foto: Diskominfo Bintan)

SIBERONE.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bintan menggelar rapat pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2023 bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bintan.

Kegiatan yang bertempat di Ruang Rapat Diskominfo Bintan dihadiri oleh perwakilan dari BKPSDM Kabupaten Bintan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, pada Selasa (19/06).

Mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bintan, Nafriyon, rapat ini dibuka dan dipimpin oleh Ariyantono Hedi selaku Subkoordinator Statistik Pengelolaan Data dan Integrasi Sistem Informasi. Rapat pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral ini lebih mengarah ke diskusi mengenai penginputan data ke Aplikasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral ini diatur dalam Peraturan BPS Nomor 3 Tahun 2022 yang bertujuan untuk; mengatur capaian kemajuan penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintahan Daerah;

"Kemudian meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintahan Daerah; dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada Instansi Pusat dan Pemerintahan Daerah," ucap Ariyantono Hedi.

Komponen penyusun dalam instrumen Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral ini terdiri dari 5 domain, 19 aspek, dan 38 indikator. Hasil dari penilaian statistik ini merupakan representasi perkembangan kondisi penyelenggaraan statistik sektoral saat ini dengan output; Indeks Pembangunan Statistik (IPS), Indeks Domain, dan Indeks Aspek.

Penilaian dari Indeks Pembangunan Statistik akan diberi predikat yang merepresentasikan tingkat kematangan pembangunan statistik dan penyelenggaraan statistik sektoral yang dikelompokkan menjadi lima kategori, yaitu; Memuaskan (4,2- 5,0), Sangat Baik (3,5 - <4,2), Baik (2,6 <3,5), Cukup (1,8 - <2,6), dan Kurang (<1,8).

Harapannya di tahun 2023 ini Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kabupaten Bintan bisa lebih meningkat dibandingkan tahun lalu.(Nurhayat*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar