Penutupan KAP dan KKP Bagi Nakes se-Inhil, Pemateri Sampaikan 6 Kunci Prioritas

Pemaparan materi oleh Mutia Nur Astuti SKM selaku Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Riau, Jumat (5//5/23). (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Pelaksanaan orientasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP) dan Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) bagi Kader dan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ditaja Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di aula Hotel Arista Tembilahan resmi ditutup, Jum'at (05/05/2023) Siang.

Sebelum penutupan, kegiatan ini diisi oleh pemateri Mutia Nur Astuti SKM selaku Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Riau.

Dalam materinya, ia menyampaikan ada 6 kunci prioritas dalam KAP, terdiri dari pemberian tablet tambah darah pada ibu hamil minimal 90 tablet, ibu hamil mengikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali selama kehamilannya, ibu memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP ASI) dengan bervariasi kepada bayi.

"Kemudian, ibu harus rutin membawa bayinya ke Posyandu untuk mengetahui tumbuh kembang anak, ibu dan keluarga mencuci tangan pakai sabun di waktu-waktu penting, seperti ketika sebelum dan sesudah makan, mengolah makanan, sebelum menyusui dan memberi makan bayi, sesudah buang air besar dan kecil, serta menggunakan jamban sehat untuk ibu dan keluarga," jelas Mutia.

Ia menjelaskan 6 kunci prioritas tersebut harus menjadi 5 objektifitas perubahan perilaku, antara lain pemberian tablet tambah darah pada remaja putri dan ibu hamil, Antenatal Care (ANC) dilakukan setidaknya 6 kali dalam masa kehamilan, yaitu 4 kali ke bidan 2 kali ke dokter.

"Selanjutnya mengkonsumsi protein hewani, pemberian makanan dimulai pada usia bayi 6 bulan ke atas dan ibu hamil, ASI Eksklusif diberikan selama 6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun dengan ditambah MP ASI, ibu dan keluarga membawa bayinya ke Posyandu uuntuk memantau pertumbuhan dan perkembangannya," terang Mutia.

Utuk diketahui, prosesi penutupan kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta, terdiri dari Pengelola Program Promosi Kesehatan (Promkes), Pemberdayaan Masyarakat Puskesmas, Bidan Desa dan Kader Posyandu ini dilakukan oleh Kadiskes Rahmi Indrasuri SKM MKI diwakili Sub Koordinator Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Maria Hairani SKM.

 

Nia Nismaini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar