Penuhi Hak Anak, Pemdes Bolak Raya Akan Serahkan KIA

Penyerahan KIA untuk warga Desa Balok Raya, Rabu (12/4/23). (sumber foto: Dok. Desa Balok Raya)

SIBERONE.COM - Dalam upaya memenuhi hak anak Pemerintah Desa (Pemdes) Bolak Raya, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menerima Kartu Identitas Anak (KIA) dari Camat  Mandah yang nantinya akan diserahkan kepada 15 Anak di Wilayah Desa Bolak Raya.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Camat Mandah ini turut dihadiri oleh Camat Mandah, Kepala Desa Bolak Raya, Staf Desa dan Kasi Tantrib, Rabu (12/04/2023).

Menurut Kepala Desa Bolak Raya, Imran Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan identitas yang wajib dimiliki setiap anak agar bisa mengakses pelayanan publik secara mandiri.

"Hari ini kami menerima KIA dari Camat Mandah, dan nantinya akan kita serahkan Kartu Identitas Anak atau KIA kepada 15 Anak," ucap Imran.

"Pemberian KIA pada anak menunjukkan negara hadir memuliakan dan mendorong kemandirian anak, dan dengan ini anak memiliki identitasnya sendiri sebagai seorang WNI," lanjutnya.

Imran menyebut KIA ini sangat penting, bukan hanya sebagai data penduduk, KIA juga punya banyak manfaat bagi anak. Di antaranya KIA digunakan untuk keperluan persyaratan mendaftar sekolah, sebagai syarat mengurus perbankan, yaitu ketika anak ingin memiliki tabungan sendiri. KIA juga digunakan sebagai syarat mendaftar BPJS, serta mengurus klaim asuransi.

"Dengan adannya KIA ini diharapkan dapat memudahkan kami dari pihak desa untuk memudahkan segala administrasi yang ada di desa," pungkasnya.

 

Nia Nismaini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar