Program Inovasi Dokter Menyentuh Disambut Antusias oleh Masyarakat Desa Sialang Panjang

Tim medis saat mengecek kesehatan masyarakat Desa Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu, Sumber foto: Yusuf.

SIBERONE.COM - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tembilahan Hulu menggelar program Inovasi Dokter Menyentuh di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Sialang Panjang Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir - Riau, Sabtu (18/3/23).

Pelaksanaan progam Inovasi Dokter menyentuh ini dalam pantauan media di lokasi Pustu disambut antusias oleh masyarakat Desa Sialang Panjang yang mengikuti program tersebut.

Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu Hj. Rosdinah, SSt, M. Kes, melalui dr. Raihana mengatakan, bahwa sasaran dari inovasi dokter menyentuh ini umum, mulai dari Balita (Bayi Bawah Lima Tahun) hingga Lansia (Lanjut Usia). Dan saat ini sebanyak 64 orang yang hadir mengecek kondisi kesehatannya.

"Alhamdulillah kalau di sini masyarakatnya tergolong aktif dan antusias untuk mengecek kondisi kesehatannya. Total semua yang hadir dari Balita dan lansia ada 64 orang semua," ungkapnya.

Kemudian, kata dr. Raihana pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh tim medis untuk yang dewasa dan lansia diukur dari tinggi dan berat badan lingkar pinggang hingga pengecekan tensi darah.

"Untuk dewasa dan lansia rata-rata keluhannya sama, yakni capek pegel-pegel nyeri, mungkin karena faktor pekerjaan, ada juga beberapa diantaranya yang ditemukan keluhannya hipertensi, dan Diabetes Melitus," tuturnya.

Selanjutnya, dikatakan dr. Raihana bahwa bagi masyarakat yang tidak memiliki BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan, akan masuk ke pelayanan umum sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).

"Kita tetap melayani, memang masuknya ke umum bagi yang tidak memiliki BPJS Kesehatan, itu ada Perda-nya. Namun apabila pasien memang tergolong tidak mampu maka akan kami tulis di situ keterangannya," sebut Raihana atau yang akrab di sapa dr. Hana itu.

Hana menjelaskan, bahwa Inovasi Dokter Menyentuh ini telah dilakukan di beberapa Desa dan Kelurahan diwilayah Kecamatan Tembilahan Hulu.

"Untuk Inovasi Dokter Menyentuh ini kita sudah turun di Desa Sungai Intan, Sialang Panjang, Pekan Kamis, Kelurahan Tembilahan Hulu, Kelurahan Tembilahan Barat, dan terakhir nanti kami akan turun di Desa Pulau Palas," imbuhnya.

Terakhir dr. Muda itu menerangkan, bahwa kedepan pihaknya akan rutin melakukan program Inovasi Dokter Menyentuh ini.

"Kita akan rutin setiap bulan melaksanakan kegiatan program Dokter Menyentuh ini di beberapa Desa dan kelurahan," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar