Tertarik di Jual Beli Online, Berikut Jenis Bisnis Online yang Bisa Anda Coba !

Foto Ilustrasi bisnis online (Sumber gambar: unsplash.com)


 

SIBERONE.COM - Memasuki era teknologi digital sekarang ini ketertarikan masyarakat untuk melakukan aktifitas cendrung bisa dilakukan dengan cara online, begitu juga dengan aktivitas bisnis.

 

Iya, Bisnis online adalah semua kegiatan jual beli dan negosiasi produk dan barang yang dilakukan secara online melalui jaringan internet.

 

Otomatis, seiring dengan berkembang teknologi digital yang berhubungan dengan internet, bisnis online pun makin banyak Anda temui di sekitar Anda.

 

Selain diminati karena perkembangan digital, bisnis online juga banyak dipilih karena jangkauan pasarnya yang lebih luas dibandingkan jenis bisnis konvensional. 

 

 

Kemudahan membangun hubungan dengan pelanggan juga merupakan salah satu manfaat yang ditawarkan oleh berbagai jenis bisnis online di bawah ini! 

 

Jenis-jenis Bisnis Online

Terdapat banyak macam bisnis online yang perlu Anda ketahui sebelum mencoba untuk ikut terjun ke dunia ini.

 

Inilah beberapa macam bisnis online yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia maupun dunia!

 

E-commerce

Sebuah kegiatan bisnis untuk menjual produk secara online disebut sebagai e-commerce. Anda bisa menjual produk fisik yang Anda miliki di tempat jual-beli online alias marketplace besar seperti Blibli.

 

E-commerce sendiri terbagi menjadi 6 golongan. Yang pertama adalah jenis e-commerce Business to Business (B2B) yang dilakukan oleh perusahaan penjual produk atau jasa dengan perusahaan lain sebagai pelanggannya. Biasanya, pembeli dari perusahaan B2B akan melakukan transaksi dalam jumlah besar, baik secara nominal maupun kuantitas barang.

 

Yang kedua adalah jenis e-commerce Business to Consumer yang langsung menjual produk atau jasa kepada konsumen perorangan atau individu. Konsumen dari jenis perusahaan B2C ini biasanya membeli dalam skala eceran.

 

Yang ketiga adalah Consumer to Consumer di mana penjual menjajakan barang yang sudah pernah dipakainya ke orang lain. Tipe jual-beli secara C2C ini terjadi dari individu satu ke individu lainnya. 

 

Yang keempat adalah Consumer to Business yang merupakan kebalikan dari B2C karena di sini penjual adalah individu yang menawarkan produk atau jasanya kepada sebuah perusahaan. Selanjutnya ada, Business to Public Administration yang mirip dengan B2B dengan konsumen yang adalah lembaga pemerintah alih-alih perusahaan biasa.

 

Yang terakhir adalah Consumer to Public Administration yang mirip dengan C2B hanya saja dengan konsumen yang merupakan lembaga pemerintah. Jenis e-commerce yang biasanya hanya melakukan transaksi dalam bidang jasa ini terbilang jarang ada di Indonesia.

 

Produk Digital

Selain transaksi produk secara fisik, pasar digital juga menyediakan produk nonfisik alias produk digital. Produk digital yang dimaksud di sini biasanya meliputi e-Book, kursus pendidikan digital, audio, hingga template desain yang bisa ditawarkan secara online.

 

Berbeda dengan jenis bisnis yang melibatkan produk fisik, Anda tidak memerlukan space atau ruang yang besar untuk menyimpan barang demi menjalankan bisnis satu ini. 

 

Anda bahkan bisa melakukannya dari rumah dan hanya mengembangkan kualitas website atau tempat berjualan Anda agar konsumen makin puas pada pelayanan yang Anda tawarkan.

 

Pemasaran Afiliasi

Jenis bisnis yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan usaha secara online tetapi tidak memiliki produk sendiri. 

 

Pemasaran afiliasi adalah jenis bisnis yang akan membuat Anda mendapatkan komisi setiap kali berhasil menjual produk kepada konsumen.

 

Freelancing dan Konsultan

Jika Anda memiliki keahlian khusus yang mungkin dibutuhkan oleh perusahaan, cobalah membangun bisnis di bidang freelance atau konsultasi. Anda cukup melakukan promosi secara online untuk menjaring konsumen.

Bisnis berbasis Media Sosial

 

Selain untuk penggunaan pribadi, media sosial juga berguna untuk dijadikan lahan untuk memperluas bisnis Anda. Anda bahkan bisa memonetisasi jumlah pengikut yang Anda miliki dengan cara bekerja sama dengan brand atau perusahaan penjual produk dan jasa tertentu.

 

Itulah beberapa model usaha untuk dijadikan acuan oleh Anda yang ingin memulai berbisnis. Bisnis e-commerce cukup populer dilakukan oleh para pelaku bisnis online mengingat mudah menjalankannya. 

 

Telah disebutkan pada poin pertama bahwa Anda bisa bergabung dengan marketplace ternama seperti Blibli untuk menjalankan e-commerce yang merupakan salah satu bisnis dalam daftar macam-macam model bisnis di atas. Jika Anda ingin bergabung dengan Blibli, Anda cukup bergabung dan mengikuti tutorial yang tersedia di laman cara buka toko online.

 

 

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi penjual di Blibli, salah satunya adalah mendapat modal berupa saldo Bliklan senilai Rp5,4 juta yang bisa Anda peroleh jika bergabung pada bulan Desember. Barang yang Anda kirimkan juga selalu dijamin oleh asuransi dan ditanggung ongkos kirimnya oleh pihak Blibli. Jangan lupakan pula pelayanan setiap hari untuk penjual yang ditawarkan oleh Blibli mulai dari pukul 8 pagi sampai 10 malam.

 

 

 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar