Bersihkan Saluran, PUTR Inhil Temukan Tumpukan Sampah di dalam Drainase

Foto petugas sedang membersihkan Drainase di jalan Pangeran Hidayat Tembilahan, Minggu (29/1/23). (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Terus lakukan kegiatan rutinitas pembersihan Drainase/Got pada wilayah Kota Tembilahan, di awal tahun 2023 ini Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau fokuskan titik giat di Jalan Pangeran Hidayat Parit 13, sekitar kawasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan, Ahad (28/1/2023).

Dari pantauan media yang turun langsung menyaksikan pekerjaan pembersihan saluran air di lapangan, memang tampak terlihat sampah di dalam drainase atau dalam saluran got tertumpuk.   

Melihat tumpukan tersebut bisa mengakibatkan tersumbatnya pengaliran air ke sungai, PUTR Kabupaten Indragiri Hilir melakukan upaya  pembersihan sampah tersebut hingga bisa dilalui air.  

“Kita membersihkan dan mengeluarkan tumpukan sampah yang ada dalam Drainase atau Got, tujuannya untuk mengendalikan arus air keluar dari got itu sendiri menuju ke anak parit," ungkap  Kepala Bidang Sumber Daya Air,  Roni Junaidi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Inhil, Umar MT saat dikonfirmasi awak media mengatakan pihaknya akan terus membenahi saluran drainase yang tersumbat tersebut. 

“Pada awal Bulan Januari 2023, pihak kami sudah mulai bekerja, karena sebelumnya pembersihan drainase ini adalah tugas dari dari DLHK, akhirnya dilimpahkan kepada kami dari hasil kebijakan pemerintah,” ujarnya, Sabtu (28/01/2023)

Ia menambahkan meskipun baru dilimpahkan, namun pihaknya telah membentuk tim pembersih saluran drainase di wilayah Kota Tembilahan dan sudah berjalan beberapa waktu yang lalu.

“Kami sudah bentuk tim saluran drainase yang beranggotakan sebanyak 47 orang. Mereka berjibaku membersihkan drainase yang tersumbat itu,” jelasnya lagi.

Kendati demikian, melihat pekerjaan tersebut tergolong berat dan beberapa titik sudah sukses dilakukan, Umar berharap agar menjaga saluran got ini dari sampah-sampah dan mengimbau kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Kami akan berusaha meskipun berat, sebab setelah disurvei lebih kurang sepanjang 75 kilometer saluran drainase khusus di jalan utama wilayah Tembilahan harus dibersihkan,” ujarnya.

 

Wartawan: Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar