Bupati Inhil Ikuti Sosialisasi Rekrutmen Komcad Secara Virtual

Suasana sosialisasi rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) secara virtual di Makodim 0314/Inhil, Jumat (20/01/2023). (sumber foto: Prokopim Setda Inhil)

SIBERONE.COM - Bupati Indragiri Hilir HM Wardan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Inhil, H. Tantawi Jauhari, mengikuti sosialisasi rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) secara virtual di Makodim 0314/Inhil, Jumat (20/01/2023).

Pembentukan Komcad ini bertujuan untuk memperkuat komponen utama pertahanan jika negara dalam keadaan bahaya atau darurat sesuai UU No 23 tahun 2019 tentang pengelolaan Sumber daya Nasional untuk pertahanan Negara.

Pangdam 1 Bukit Barisan dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap warga negara wajib melaksanakan bela negara baik dalam keadaan aman maupun keadaan tidak aman sebagaimana yang diamanahkan oleh UUD Republik Indonesia Tahun 1945.

"Jadi pengelolaan sumber daya nasional ini, tentang pertahanan negara. Dimana setiap warga agar supaya bisa melaksanakan bela negara," jelas Pangdam 

"Untuk itu, akan direkrut warga sipil untuk mengikuti pelatihan, latihan dasar kemiliteran dan rekrutmen tahap pertama nantinya akan menyasar kalangan milenial usia 18-35 tahun yang lulus seleksi memenuhi syarat kesehatan, fisik serta akademik," tambanya.

Kemudian, Ia mengatakan demikian pula untuk pertahanan negara, akan menjadikan bangsa Indonesia lebih kuat lebih disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia. 

"Komcad (Komponen Cadangan) ini akan bergerak atau digunakan dalam keadaan negara ini darurat, dan setelah negara ini dinyatakan aman komcad akan dikembalikan ke seperti biasanya di profesinya masing-masing," pungkasnya.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Dandim 0314/Inhil diwakili Pasi Intel, Lettu Inf Delmy Armansyah, Perwakilan Kasatpol PP, Perwakilan Kesbangpol, Perwakilan Unisi, STAI, BRI, serta perwakilan dari Ormas diantaranya Banser, Pemuda Pancasila, FKPPI, Menwa, IPSI dan Pramuka Kwarcab Inhil.(Ema)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar