Pengadaan Swakelola DAK Disdik Kepri di SMA dan SMK Bintan Timur Dikerjakan Komite Sekolah

Bangunan gedung UKS dan rumah guru yg di bangun di SMA 1 Bintan Oleh Komite sekolah (sumber foto: Siberone.com/Asy)

SIBERONE.COM - Pelaksana pengadaan Swakelola Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Disdik Kepri) bagi Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 di Bintan Timur tahun 2022 dikerjakan oleh Komite Sekolah masing-masing.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Disdik Kepri, Andi Agung saat dikonfirmasi melalui selulernya, ia menjelaskan bahwa pengadaan DAK di Disdik Kepri tahun 2022 dilaksanakan melalui Swakelola dan dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang termasuk Komite Sekolah.

"Untuk pengadaan DAK tahun 2022 di Disdik Kepri dimana sebelum saya menjabat Kadis sudah diputuskan dilaksanakan melalui Swakelola, sehingga pelaksanaan tersebut dilaksanakan oleh Komite Sekolah," jelasnya.

Dalam tinjauan media di lapangan, tampak bangunan yang berasal dari dana DAK tahun 2022 di Disdik Kepri tersebut sudah dirampungkan sejak tahun 2022 lalu. Dimana, SMA 1 Bintan Timur mendapatkan bangunan gedung UKS dan dua unit rumah guru dengan pagu anggaran lebih dari 600 juta yang dikelola oleh komite sekolah, sementara itu SMK 1 Bintan Timur mendapat bangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dua tingkat sebanyak Empat lokal  dengan pagu anggaran sekitar 1,29 miliar dan bangunan Ruang Praktek Siswa RPD dengan pagu sekitar 1,2 Miliar yang juga pekerjaannya dilaksanakan oleh Komite Sekolah.

Kepala Sekolah SMA 1 Bintan Timur, Matelia mengatakan bahwa pelaksanaan pekerjaan pengadaan tersebut dilaksanakan oleh pihak Komite Sekolah sesuai MOU dengan Disdik Kepri.

"Kami pihak sekolah tidak ada ikut campur dengan pekerjaan tersebut," terangnya saat diwawancarai di ruang kerjanya di SMA 1 Bintan Timur, Senin (16/01/2023).

Hal senada juga disampaikan oleh sekretaris komite sekolah SMA 1 Bintan Timur, Herbert. Ia membenarkan pengerjaan pengadaan Swakelola DAK dilakukan oleh Komite Sekolah.

"Memang betul pelaksanaan swakelola bangun 1 unit UKS dan dua unit rumah tinggal guru tersebut dengan pagu dana sekitar 600 juta dikerjakan oleh Komite Sekolah, yang sudah selesai sesuai dengan RAB nya," terangnya saat dihubungi melalui ponselnya.

Sementara itu, Bagian Sarana dan Prasarana di SMK 1 Bintan timur, Haryono mengatakan SMK 1 Bintan Timur yang mendapatkan bangunan 2 unit yakni bangunan RKB dua tingkat dengan 4 lokal dan bangunan RPS dua tingkat tiga ruang yang menelan dana keduanya hampir 2.5 miliar sudah selesai berdiri yang juga dikerjakan oleh Komite Sekolah.

"Dua bangunan ini dilaksanakan pekerjaannya oleh Komite Sekolah melalui pelaksanaan swakelola DAK dari Disdik Kepri tahun 2022," pungkasnya.(Asy)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar