Sukses Gelar Acara Tulak Bala, Tana Tidung Dapat Rekor MURI

Bupati Tana Tidung menerima penyerahan Penghargaan Rekor MURI dari tim MURI, Lutvi Syah Pradana, Rabu (21/9/22). (sumber foto: Habir JS)

SIBERONE.COM -  Kabupaten Tana Tidung sukses menggelar acara Tulak Bala dengan tema "Petulid De Rasa Petawoy De Bala" di Siring Keramat Tideng Pale, Rabu (21/9/2022).

Pada kegiatan tersebut, Bupati Tana Tidung menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan Tulak bala yang dilaksanakan di akhir bulan Safar yang sudah menjadi tradisi di masyarakat Tidung.

"Untuk itu saya mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tana Tidung agar memanjatkan doa Tulak bala supaya kita semua terhindar dari marabahaya dan selalu dalam lindungan Allah SWT," kata Ibrahim Ali.

Beliau juga menyampaikan bahwa semua bulan dan semua hari itu baik, tidak ada hari yang buruk, namun sebagai masyarakat yang berbudaya tentu memiliki tradisi yang harus terus dilestarikan dari generasi ke generasi.

"Salah satunya yaitu tradisi Tulak Bala di bulan Safar. Hal ini sebagaimana kaidah fiqih dari mahzab imam Syafi'i menyatakan bahwa "Al Adatu Muhakkammah" yang maknanya adat kebiasaan masyarakat  bisa dijadikan sumber hukum asalkan tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam," ujarnya.

Usai sambutan, Bupati Tana Tidung menerima penyerahan Penghargaan Rekor MURI dari tim MURI yaitu Lutvi Syah Pradana. Tim Muri menyatakan bahwa sajian imbiuku/ketupat dengan Jumlah 67.693 menjadi rekor Dunia- Indonesia.

Kegiatan Tulak Bala ini turut dihadiri oleh Ketua dan Anggota DPRD, Sekda, Dandim 0914/TNT, Asisten, Kepala OPD, Kapolsek, Ketua TP PKK Kabupaten Tana Tidung, serta para Tokoh Masyarakat, Adat, Agama, Wanita dan masyarakat Kabupaten Tana Tidung.


(Habir JS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar