Dinkes Inhil Paparkan Cara Deteksi PTM Secara Berkala dengan CERDIK

Menyanyikan lagu Indonesia Raya ada pertemuan Advokasi dan Koordinasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), disalah satu hotel di Tembilahan, Selasa (6/11/22). (sumber foto: Siberone.com/Nia Nismaini)

SIBERONE.COM - Untuk mengetahui Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Dinkes Inhil), memiliki cara untuk mendeteksi penyakit secara berkala, dengan melakukan aksi CERDIK, (Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rutin olahraga, Diet seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres dengan benar).

Pernyataan ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil Rahmi Indrasuri, saat membuka pertemuan Advokasi dan Koordinasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), disalah satu hotel di Tembilahan, Selasa (6/11/22).

Selain itu, kata Rahmi Indrasuri, ada 6 Pilar penguatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yakni.

1. Peningkatan aktivitas fisik.

2. Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi.

3. Percepatan pencegahan dan deteksi dini penyakit.

4. Peningkatan kualitas lingkungan.

5. Peningkatan perilaku hidup sehat.

6. Peningkatan edukasi hidup sehat.

"Dengan membudayakan Germas di Kabupaten Inhil diharapkan dapat menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kematian maupun kecacatan, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk," tuturnya.

"Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan serta meningkatnya kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan cara meningkatkan aktifitas fisik secara teratur dan terukur, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, tidak merokok dan alkohol serta melakukan deteksi dini penyakit secara berkala," tambahnya.

Terakhir, pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan pemerintah, non pemerintah dan masyarakat. 

"Hal ini memerlukan suatu gerakan yang sistematis dan terus menerus untuk mendorong masyarakat berperilaku hidup sehat," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar