Riau Jadi Tuan Rumah Rakornas YPI Al Azhar Dibuka Langsung Gubri

Kelompok Kerja Kepala Sekolah TK dan SD Islam Al Azhar se- Indonesia yang diselenggarakan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar cabang Riau, (sumber foto: Siberone.com/Azril)

 


SIBERONE.COM - Gubernur Kepulauan Riau, H. Syamsuar secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kelompok Kerja Kepala Sekolah TK dan SD Islam Al Azhar se- Indonesia yang diselenggarakan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kelompok Kerja Kepala Sekolah TK dan SD Islam Al Azhar se- Indonesia cabang Riau sebagai tuan rumah ini dilaksanakan di di salah satu Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (16/11/2022).

Ketua Bidang Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah YPI Al Azhar, Budiono mengungkapkan tujuan rakor ini adalah bentuk penjaminan mutu sekolah YPI Al Azhar se- Indonesia dengan penstandarisasi kepala sekolah.

"Dari rakor ini akan memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada yayasan untuk melakukan sekolah yang lebih dan berkualitas, dari 209 cabang sekolah dengan 22 Provinsi se- Indonesia, sampai saat ini," ujar Budiono.

Penunjukan Riau sebagai tuan rumah dikarenakan Riau sangat strategis dan juga Riau boleh dikatakan kota santri, Riau juga berpotensi untuk pengembangan kiroih islamnya sehingga perlu pengembangan Al Azhar untuk sekolah yang berkualitas.

"Untuk kurikulum, Kurikulum Pribadi Muslim yang isinya 100 persen kurikulum nasional yang tidak ada direduksi dan plus Kurikulum Al Azhar, jadi kalau negeri tersebut ada 8 standar pendidikan, kita ada 9 standar pendidikan, dengan tambahan standar agama dan leadership (kepemimpinan), jadi plus kita disitu," ungkap Budiono.

Budiono juga mengatakan bahwa untuk tenaga pengajarnya sendiri sudah berdasarkan standar pusat.

"Jadi dari rakor ini kita berharap dapat meningkatkan kualitas kepala sekolah dengan memiliki standar seluruh Indonesia dan juga mudah-mudahan Gubernur dapat membantu kami untuk mengembangkan Al Azhar ini seluruh Kota dan Kabupaten se- Riau," tutup Budiono.

Sementara itu, Pimpinan YPI Al Azhar cabang Riau, Febri Yulianti mengatakan bahwa untuk jadi tuan rumah memiliki beberapa kriteria, diantaranya yaitu terkait pertumbuhan murid, SDM dan infrastrukturnya.

"Kriteria lainnya, kita memiliki lahan sudah 3,4 hakter dan untuk pertumbuhan murid selama 5 tahun mencapai 400 persen, sehingga peminatnya luar biasa," papar Febri.

Lanjut Febri, keunggulan lain yang dimiliki YPI Riau yaitu Digital Class Room yang memudahkan anak-anak dalam proses belajar.

"Menjadi unggulan kita di Riau, kita memiliki Digital Class Room, jadi anak-anak menggunakan media iPad dalam pembelajaran, tidak manual lagi. Dan iPed tersebut menjadi kepemilikian anak-anak, sehingga bisa dibawa pulang. Jadi tugas, PR media pembelajaran tersebut lebih luas," tambahnya.

"Jadi dengan rakor ini kita berharap dapat merekomendasikan hal-hal untuk pengembangan kurikulum, pengembangan SDM dan masa depan anak-anak sehingga menjadi pondasi pada tahap berikutnya," lanjutnya Febri.

Gubernur Riau, H. Syamsuar mengatakan bahwa kegiatan nasional yang dilaksanakan Yayasan Al Azhar di Provinsi Riau, kita merasa bangga dan mengapresiasinya.

"Dan kita berharap dari rakor ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, baik Al Azhar sendiri maupun dunia pendidikan yang lainnya," ucap Syamsuar.

"Dan saat ini Al Azhar baru sampai SMP, mudah-mudahan kedepan Al Azhar bisa membuka tingkatan SMA untuk menampung anak-anak kita, karena Al Azhar mempunyai link untuk melanjutkan kepeguruan tinggi di Al Azhar Kairo, sehingga mempermudah anak-anak kita (Riau) untuk masuk kesana, karena minat anak-anak kita (Riau) cukup tinggi," pungkasnya Syamsuar.(A-R)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar