Ketua LSPP Temanggung Laporkan Dugaan Kasus Pencurian Pohon Mahoni di Jalan Raya Kedu

Empat batang pohon mahoni (Swefenia Macrophylla) di Jalan Raya Kudu, Pakisan Temanggung yang didiga dicuri, Selasa (8/11/2022). (sumber foto: Siberone.com/Sholikin)

 


SIBERONE.COM - Ketua Lingkar Study Pemberdayaan Pedesaan (LSPP) Kabupaten Temanggung, Andriyanto  melaporkan dugaan kasus pencurian Empat batang pohon mahoni (Swefenia Macrophylla ) yang berada di ruas jalan raya Kedu, Pakisan, Candi Mulyo kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung.

Dugaan pencurian tersebut Peristiwa berlangsungnya penebangan 4 pohon mahoni ini perlu diusut tuntas dan hal ini menunjukkan lemahnya pengawasan dan kemampuan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU)," ujar Andriyanto.

Penebangan pohon ini sangat terbilang rapi dan cepat, Karena setelah ditebang langsung dibersihkan dan kayu segera diangkut,  tonggak pohon disiram semacam oli untuk mengaburkan bekas tebangan dan nyaris tidak meninggalkan jejak, Senin (7/11/2022).

Menurut Ketua LSPP Andrianto menyampaikan kejadian tersebut bertolak belakang dengan konservasi yang sedang gencar dilakukan pemerintahan.

"Terjadinya penebangan pohon pada ruang publik ini juga bertolak belakang/Paradoks dengan kegiatan konservasi yang sedang gencar dilakukan pemerintahan kabupaten Temanggung melalui program sabuk gunung," demikian tambah ketua LSPP Kab Temanggung.

Atas aduan dari LSPP Temanggung, Polres Temanggung melakukan koordinasi untuk melakukan tindak lanjut pengaduan tersebut.

"Sore ini atas adanya pengaduan dari LSPP Polres sudah berkoordinasi dengan Bina Marga Provinsi dan rencana akan dilakukan pengecekan ke lokasi oleh Bina Marga. Polres akan Menindak lanjuti pengaduan setelah mendapat hasil pengecekan dari Bina Marga," demikian ungkap Kapolres Temanggung, melalui Penyidik Polres Temanggung Joko Nugroho dan beberapa penyidik Polres Temanggung, Rabu (9/11/2022).

 

 

Wartawan: Sholikin


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar