Curah Hujan Tinggi, Puskesmas Pulau Kijang Sosialisasikan Pencegahan DBD

Puskesmas Pulau Kijang Kecamatan Reteh Kabupaten Inhil (sumber foto: KILASRIAU.com)

 

 

SIBERONE.COM - Intensitas hujan tinggi yang terjadi beberapa waktu terakhir masih akan diprediksi terjadi hingga November mendatang. Fenomena ini perlu diwaspadai karena kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Puskesmas Pulang Kijang, Kecamatan Reteh, Misbahuddin mengambil langkah cepat dan menghimbau masyarakatnya agar mengantisipasi gejala demam tinggi dan Demam Berdarah Dengue.

Hal itu disampaikan disampaikan langsung oleh Kepala Puskesmas Pulang Kijang, Kecamatan Reteh, Misbahuddin. Ia mengatakan saat ini fakta di lapangan menunjukkan banyak anak-anak dan orang dewasa yang terjangkit demam tinggi.


"Kami memberikan Informasi kepada masyarakat agar tidak terjangkit demam berdarah dan demam tinggi," tulisnya, melalui pesan singkat WhatsApp beberapa waktu lalu.

Misbahuddin menjelaskan bahwa demam pada anak adalah kondisi demam yang dialami oleh anak-anak, hal ini terjadi ketika suhu tubuh anak melebihi batas normal, yaitu di atas 37,2 derajat Celsius, apabila pengukuran dilakukan dari ketiak dan 37,8 derajat Celsius saat diukur melalui mulut. Sementara jika pengukuran suhu dilakukan melalui dubur atau anus, dikatakan demam jika lebih dari 38 derajat Celsius. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. 

"Maka dari itulah, pada kebanyakan kasus, hal ini bukan kondisi berbahaya. Sebab, bisa jadi tanda bahwa tubuh anak sedang aktif melawan infeksi. Namun, demam pada anak juga bisa terjadi akibat penyakit serius yang tidak boleh disepelekan. Tidak semua pasien yang dirawat riwayat demamnya mirip DBD. Pasien suspeck DBD itu berdasarkan hasil laboratorium, untuk nama nama itu laporan sama surveilans," jelasnya. 

Selain itu, Misbahuddin memaparkan pihaknya telah bergerak melakukan antisipasi DBD dengan penyemprotan Fogging.

"Untuk mengantisipasi ini semuanya kami memberikan penyemprotan dirumah warga dan memberikan pengumuman di masjid masjid," tandasnya.

 

 

Wartawan: Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar