Ulat Bulu Serang Siswa SMPN 1, DPKP Inhil Turun Lakukan Fogging

Team DPKP Inhil lakukan penyemprotan dan Fogging di sekolah SMPN 1, Senin (26/9/2022). (Sumber foto: Kepala DPKP Inhil.

 

SIBERONE.COM - Untuk mengantisipasi penyebaran ulat bulu yang meresahkan dan mengganggu siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP-N 1) Concong, Kecamatan Concong, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan penyemprotan dan Fogging.

Kepala DPKP Inhil Drs.H.Eddiwan Shasby mengatakan bahwa, ini dilakukan berdasarkan Surat Camat Concong nomor 123/KC-/IX/2022, tanggal 24 September 2022 yang ditujukan ke DPKP Inhil permintaan bantuan pembasmian ulat bulu. 

Mendapat permintaan tersebut, Eddiwan Shasby menginstruksikan team DPKP Inhil untuk langsung menurunkan petugas dengan membawa peralatan dan kelengkapan yang di butuhkan.

Karena, ulat bulu tersebut dalam beberapa hari ini di Kecamatan Concong atau dikawasan sekolah sudah menyebar dibeberapa tempat, hingga menimbulkan keresahan dan kekhawàtiran di kalangan masyarakat. Dampaknya banyak siswa sekolah yang terserang mengakibatkan siswa harus dibawa ke Puskesmas, dan ditangani Nakes dan Pustu Sei Bela Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra). 

Siswa merasakan gatal- gatal dan berdasarkan data dari Camat concong terdapat 40 orang siswa - siswi SMPN 1 yang terserang ulat bulu. 

Kadis Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Drs.H.Eddiwan Shasby  memgatakan bahwa serangan ulat bulu  bisa disebabkan beberapa hal :

1.serangan ulat bulu ini tidak bisa dianggap remeh, dikarenakan jika terlabat ditangani akan menyebar kepemukiman masyarakat dan semakin banyak.

2. Disekitar sekolah ditumbuhi ilalang dan pepobonan serta diiringi musim penghujan dan biasanga muncul dipepohonan dan kemudian menyebar/berpindah masuk keruang kelas.

3. Munculnya ulat bulu ini berdasarkan pengamatan kami, muncul akibat cuaca yang mendukung untuk berkembang biak,kebetulan disekitar sekolah banyak terdapat pepohonan dan ilalang/ rumput.

Untuk antisipasi dan mencegahi penyebaran ulat bulu dan dikhawatirkan masuk kepemukjman masyarakat Team DPKP Inhil langsung terjun kelokasi dan melakukan penyemprotan dan foging untuk melakukan pengendalian ulat bulu dimulai ruang kelas, sekitar lingkungan sekolah sampai ke sarangnya. 

"Mudah- mudahan kerja Team dilapangan dapat memaksimalkan pekerjaan, tuntas dan habis dan ulat bulu dapat kita musnahkan. Harapan saya tentunya adalah mari kita bersama- sama mennaga kebersihan terutama membersikan lingkungan sekitar sekolah, rumah agar ulat bulu tidak berkembang biak," ungkapnya.

Sebelum mewabah dan jatuhnya korban oleh serangan ulat bulu dapat melaporkan kepada pemerintah setempat selanjutnya dapat dikoordinasikan dengan Instansi terkait.

Masyarakat dingatkan kembali agar tetap saja berhati- hati karena tidak tertutup kemungkinan sarang ulat bulu masih ada atau ada yang masih hidup.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Camat Concong Bapak Hamsari dan unsur pimpinan kecamatan kapolsek, koramil serta Balakar yang telah membantu memfasilitasi dan bekerja sama dengan   Team Damkar dan Penyelamatan dalam menangani serangan ulat bulu ini.


YUDHA BRAMA JAYA " SELAMATKAN DAN AMANKAN "

 

 

Wartawan: Ysf


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar