Rangka Tingkatkan Kapasitas Aparatur Bidang Penyelenggaraan, Pemdes Girimukti Gelar Musyawarah Bersama BPD


SIBERONE.COM  – Dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur bidang penyelenggaraan pemerintahan Desa, Pemerintah Desa Girimukti, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat menggelar Musyawarah Peningkatan Aparatur Pemerintah Desa dengan BPD pada Hari Jum’at (29/01/2021) Pukul : 14.00 WIB, di Balai Desa Girimukti.

Dalam konteksnya tentang yang dibahas adalah : Pertama, bagaimana Aktualisasi Pemdes dengan BPD di masa Pandemi COVID-19 ini, untuk mengatasi dan terhindar dari penyebaran wabah tersebut, sehingga ada kerjasama sosialisasi kepada Masyarakat tentang penerapan 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, dan Menjaga jarak.

Keduanya,.Peningkatan kerja Aparatur Desa ini ditujukan bagi Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Desa Girimukti, Kecamatan Saguling ,di gelar pada Hari Jum’at, (29/01/2021), dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan agar Aparatur Desa dan BPD Desa Girimukti lebih memahami tugas dan fungsinya masing- masing”, ujar Kepala Desa Isak.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Girimukti Issak, mengingatkan agar seluruh perangkat desa dan BPD harus mengetahui Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi).

Sebab menurutnya, “Desa adalah garda terdepan dalam pembangunan dan pemberdayaan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, disarankan untuk selalu menjaga secara Komsos(Komunikasi Sosial),agar semua program dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya,apalagi di masa Pandemi COVID-19 ini,” ungkap Kepala Desa Girimukti.

Ketiganya, pembahasan kegiatan rutinan Rapat Akhir Tahun 2020 yang biasa Pemdes Girimukti gelar setiap Tahunnya, dan gelar Rapat Akhir Tahun (RAT) yang dirangkaikan dengan rapat koordinasi kerja terakhir untuk Tahun 2020 – 2021.

“Serta akan merealisasikan kegiatan yang dari Musyawarah Dusun(musdes) dan seterusnya untuk merencanakan kegiatan ke Musyawarah Desa (musdes) guna merancang untuk program pembangunan skala prioritas di Akhir Tahun 2021 nantinya,” ujar Sekdes Ahmid.

Rapat Akhir Tahun ini di hadiri Kepala Desa, Semua Lembaga Desa mulai dari Sekertaris Desa, BPD, LPMD, kasi , Kaur , Karang Taruna,ndan Perangkat Desa lainnya.

Rapat kali ini lebih kepada Evaluasi kinerja tentang proritas pengunaan Dana Desa (DD) 2021 Kedepannya , semua pemangku kepentingan di Desa, mulai dari Perangkat Desa hingga Lembaga Desa.

Dalam Rapat tersebut Kepala Desa Girimukti, Kecamatan Saguling, Bandung Barat, secara satu persatu membahas tentang kinerja dalam Rapat Akhir Tahun di Balai Desa selama kurun waktu satu tahun, Bukan itu saja, Kepala Desa Isak juga membahas Rencana Kerja Tahun 2021 mendatang dan menyampaikan apa yang sudah dilaksanakan pada Tahun 2020 lalu.

Harapan Isak selaku Kepala Desa menyampaikan “Saya merasa bersyukur telah ikut bersama-sama beserta Perangkat Desa, BPD,Karang Taruna dan Tokoh masyarakat Desa Girimukti ini, maupun lembaga-lembaga lainnya, marilah Kita Bersenergi, serta bekerja sama ikut membangun dan memajukan Desa Girimukti ini,” ujarnya.

“Peran serta seluruh Masyarakat pun, dalam hal pembangunan ini juga sangat Kami butuhkan, apabila Pihak Kami banyak kesalahan dan kekurangannya,itu semua tidak menutup kemungkinan, untuk itu baik masukan, saran dan kritikan membangunnya demi kemajuan Desa Girimukti ini, karena Kami juga masyarakat biasa, maka tegurlah apabila Kami lalai dalam melaksanakan tugas serta kewajiban Kami, selaku Pemerintahan Desa Girimukti,” ujar Kepala Desa dengan Bijak.


(Liesna Ega)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar