Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Presiden RI Perintahkan Menkes Lakukan Vaksinasi

Ilustrasi vaksin cacar monyet (sumber foto: Republika)

 

 

SIBERONE.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin segera melakukan vaksinasi kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran cacar monyet atau monkeypox. Kementrian Kesehatan beberapa hari lalu mengonfirmasi penyakit tersebut telah masuk ke Indonesia.


"Sudah saya perintahkan kepada Menkes, yang pertama urusan vaksin segera, yang kedua untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi, kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita, betul-betul dicek secara ketat," ujar Jokowi di TMII, Jakarta Timur, Selasa, 23 Agustus 2022.

Meski sudah dipastikan ada di Indonesia, Jokowi mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Jokowi menyebut cacar monyet ditularkan melaui sentuhan, bukan droplet. Sehingga bisa dihindari dengan menjaga jarak. "Saya rasa yang paling penting adalah kesiapan-kesiapan kita untuk mengatasi itu," kata Jokowi.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengkonfirmasi satu pasien pertama cacar monyet di Indonesia pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022. Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan pasien dinyatakan positif setelah hasil pemeriksaan PCR keluar Jumat malam.

Pasien terkonfirmasi pertama cacar monyet di Indonesia adalah laki-laki berusia 27 tahun yang berasal dari Jakarta. Ia terkonfirmasi positif setelah dilakukan tes PCR dua hari sebelumnya. “Yang bersangkutan memang baru saja berpergian dari luar negeri,” kata Mohammad Syahril saat konferensi virtual, Sabtu, 20 Agustus 2022.


Ia adalah satu dari 23 pasien yang dites cacar monyet oleh Kemenkes. Sebanyak 22 suspek lain dinyatakan negatif. Pasien positif tersebut mengalami gejala pada 14 Agustus 2022. Beberapa gejala yang dialami antara lain demam, pembesaran pada kelenjar limfe, kemudian ruam di muka, telapak tangan, kaki, dan sebagian alat kelamin. “Pasien saat ini dalam keadaan baik, artinya tidak ada sakit berat,” kata Syahril.

Kementerian Kesehatan telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan P2P Kemenkes untuk melakukan pengawasan karena cacar monyet adalah penyakit menular. Cacar monyet pertama kali dilaporkan di Inggris pada 6 Mei 2022.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lalu mengumumkan cacar monyet sebagai kedaruratan kesehatan global pada 23 Juli. Hingga saat iniada 86 negara yang melaporkan kasus cacar monyet dengan total 39.708 dan 400 kematian.

 


Sumber: Tempo.co


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar