Cacar Monyet Masuk Indonesia, Kepala Dinkes Riau: Kalau Ada Gejala Laporkan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin (sumber foto: Riauterkini.com)

 

 

SIBERONE.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin mengingatkan Kepala Dinas Kesehatan kabupaten kota untuk betul-betul mengidentifikasi gejala cacar monyet ditengah masyarakat. Sebab saat ini kasus cacar monyet sudah masuk ke Indonesia.

"Kalau ada kasus segera laporkan secara berjenjang," ujar mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir ini, Senin (22/8/2022).

"Dari Puskesmas lapor ke rumah sakit kabupaten kota kemudian diperiksa laboratorium, setelah dinyatakan oleh tim di rumah sakit kabupaten kota apakah itu cacar monyet atau bukan," imbuhnya.

Hal ini, kata Zainal penting dijalankan agar pemeriksaan terhadap kasus cacar monyet benar-benar akurat dan tidak salah dalam menetapkan hasil pemeriksaan nya.

"Kita harapkan rumah sakit di kabupaten kota rapat dulu sebelum menetapkan, jangan sampai statmennya simpang siur," sebutnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta kepada Dinas Kesehatan kabupaten kota agar melaporkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Sebab Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga memiliki tim yang akan mengangi kasus cacar monyet.

"Kabupaten nanti harus meneruskan ke Dinas Kesehatan Provinsi. Kita punya tim untuk menangani kasus ini. Tapi kita berharap jangan sampai masuk ke Riau. Tapi kalau ada kita tetap harus kita tangkal bersama, agar tidak menyebar ke yang lain," kata Zainal.

 


Sumber: Riauterkini.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar