Bantu Masyarakat, Ketum RPU H Ikbal Sayuti Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi Jamsostek

Dokumentasi (istimewa)

SIBERONE.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, (BPJS) ketenagakerjaan mengelar Sosialisasi program Jamsostek dengan Rumah Persatuan Umat (RPU) bertempat persantren RW 03, jalan Pemda desa Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Minggu (21/8/2022) pagi.


Kehadiran Ketua Umum Rumah Persatuan Umat (RPU) H Ikbal Sayuti bersama kepengurusan RPU di sambut oleh ratusan warga Tanah Merah untuk mendengarkan sosialisasi Jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) oleh BPJS ketenagakerjaan cabang Indragilir Hilir.


Selaku Pihak BPJS ketenagakerjaan cabang Indragilir Hilir Emil Febrianto Staf kepersertaan mengatakan bahwa Jamsostek dalam hal ini mempunyai program bersama Rumah persatuan umat RPU untuk mambantu masyarakat memiliki kartu Jamsostek untuk digunakan apabila terjadi sesuatu yang tidak dikehendaki, contoh  kecelakaan dalam berkerja maupun meninggal dunia.


"Jadi dari pihak RPU untuk mambantu masyarakat dengan cara gratis untuk mempunyai kartu Jamsostek dan menanggung beban iuran selama dua tahun," ungkapnya.


Ini program yang sangat luar biasa, RPU mampu berkolaborasi dengan BPJS ketenagakerjaan cabang Indragilir Hilir untuk kepentingan masyarakat. Biasanya BPJS ketenagakerjaan hanya untuk para pekerja di perusahaan, namun beda dengan Rumah Persatuan Umat mampu membantu kaum duafa dan membiayai iuran selama dua tahun.


"Jadi ibu bapak sangat bersyukur, karena kehadiran RPU mampu memberikan kontribusi yang sangat besar untuk umat, ini jarang terjadi ada Yayasan yang mau menjamin iuran BPJS ketenagakerjaan selama dua tahun kedepan. untuk membantu masyarakat yang kurang mampu atau Kuam duafa.

 

Yang jadi tugas kita ini adalah bagi pekerja yang informal yang pekerja mandiri seperti petani dari saya bilang nelayan buruh harian lepas tukang ojek dan sebagainya itu mereka itu kan kesulitan dari segi pembayaran setiap bulan nah jadi sekarang kan dari kerjasama RPU yang bayar persertan BPJS ketenagakerjaan


Dua program yang sudah MoU  antara BPJS ketenagakerjaan cabang Indragilir Hilir dengan Rumah Persatuan Umat (RPU) jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian iuran Rp 16.800 perbulan.


Sementara itu Ketua umum Rumah Persatuan Umat (RPU) H Ikbal Sayuti mengatakan bahwa program untuk membantu kaum duafa, di mana RPU  memastikan bahwa saat para masyarakat saat berkerja ada jaminan kecelakaan, dan jaminan kematian yang bisa di klaim ke pihak BPJS ketenagakerjaan.


"Kalau pihak perusahaan itu sudah menjadi kewajiban perusahaan ada Jamsostek untuk para karyawan, namun dari Rumah Persatuan Umat mempunyai program untuk kaum duafa kita membantu untuk membiayai iuran Jamsostek selama dua tahun," jelas Ketua umum RPU H Ikbal Sayuti.


Ikbal mengatakan,  RPU sangat peduli kepada para Nelayan, buruh Lepas, tukang ojek, ibu rumah tangga, selama ini saat terjadi musibah tidak ada jaminan sedikit pun yang bisa mereka harapkan, dengan program RPU mambantu mereka saat mendapati musibah.


"Mudah-mudahan program yang kita buat antara RPU dan BPJS ketenagakerjaan, untuk maslahat umat, dapat terlaksana dengan baik selama dua tahun, sehingga masyarakat dari kalangan bawah dapat merasakan kehadiran RPU di kabupaten Indragiri Hilir," jelas H Ikbal Sayuti. 


Mengenai cara pendaftaran, nantinya di setiap kecamatan ada kepengurusan dari RPU untuk mambantu masyarakat yang ingin mendaftar.


"Ya yang terpenting, dari kaum duafa yang betul-betul yang membutuhkan, nanti tim kita RPU yang menyeleksi, apakah layak atau tidak mendapatkan program dari RPU mendapatkan kartu Jamsostek," tutup ketua Umum Rumah Persatuan Umat (RPU) H Ikbal Sayuti.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar