Persiapan HUT RI, 7 Jet Tempur Jenis F-16 TNI AU Latihan Terbang Formasi di Langit Pekanbaru

Ilustrasi, Sebanyak tujuh jet tempur jenis F-16 TNI AU melakukan latihan terbang formasi di langit Pekanbaru (sumber foto: Bisnis.com)

 

 

SIBERONE.COM - Sebanyak tujuh jet tempur jenis F-16 TNI AU melakukan latihan terbang formasi di langit Pekanbaru, Riau, Rabu (3/8) dan Kamis (4/8). 

Pesawat tempur itu berlatih terbang formasi untuk persiapan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022 nanti.

Ketujuh pesawat itu masuk dalam latihan formasi angka 17 di udara. 

"Ada tujuh pesawat latihan mulai hari ini di langit Pekanbaru, pada hari berikutnya pesawat itu akan berangkat ke Jakarta," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Noerjadin Letnan Kolonel Khusus Zukri kepada media di Pekanbaru, Kamis (4/8).

Menurut dia, di Pekanbaru terdapat satu skuadron udara TNI AU berintikan F-16 Fighting Falcon, yaitu Skuadron Udara 16. 

Skuadron itu berpangkalan di Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Noerjadin, yang dahulu bernama Lanud TNI AU Pekanbaru.

Zukri mengatakan sejak Rabu hingga Kamis, ketujuh F-16 itu berlatih formasi terbang lintas dalam rangka persiapan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. 

Setelah dua hari di Pekanbaru, kata dia, tujuh pesawat akan berangkat latihan rutin di Madiun, Jawa Timur, dan Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Latihan rutin nanti di lapangan terbang Madiun dan Halim. Semua pesawat itu selama ini ada di RSN Pekanbaru," kata dia.

Terkait pesawat yang latihan terbang formasi di udara itu, Zukri meminta masyarakat memakluminya. 

"Mohon bersabar dan dimaklumi karena ada tujuh pesawat latihan saat ini,” kata dia.

 

 

Sumber: JPNN.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar