Dibuka Secara Serentak, Momen Haru Selimuti Kunjungan Tatap Muka WBP Riau yang Berpisah 2 Tahun di Masa Pandemi

Momen haru pertemuan keluarga dengan WBP Lapas Selat Panjang (sumber foto: Humas Kanwil Kemenkumham Riau)

 

 

SIBERONE.COM - Dua tahun lebih menahan rindu, kini warga binaan pemasyarakatan (WBP) di 16 lapas/rutan/LPKA se-Riau sudah bisa dikunjungi secara tatap muka langsung. Layanan kunjungan itu mulai dibuka secara serentak sejak Senin, 11 Juli 2022.

Rasa gembira bercampur haru menghiasi wajah-wajah WBP dan keluarga. Rindu yang terhalang, akhirnya terlampiaskan. Melihat keluarganya tiba dari kejauhan saja, sudah mendatangkan kebahagian tak terkira. Begitu sampai di ruang kunjungan, air mata itu tak terbendung lagi. Berpelukan, bersalaman, ayah menciumi anaknya seakan tak ingin berpisah. Ada yang meninggalkan anaknya saat bayi, kini sudah bisa berlari kesana kesini. Ada pula anak yang mengadu kalau dia akan sekolah, padahal saat berpisah dulu masih belajar berjalan. 

"Dikunjungi keluarga menjadi hak bagi warga binaan. Kami juga senang sekali apabila keluarga masih peduli dengan WBP disini. Pentingnya dukungan keluarga agar proses pembinaan berjalan dengan baik agar saudara-saudara kita WBP kelak tidak lagi melanggar hukum," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu pada Selasa (12/7). 

Kakanwil menyampaikan pesan agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan berkunjung ini dengan sebaik-baiknya. Menuruti seluruh aturan yang telah ditetapkan dan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Kunjungan dapat ditutup kembali apabila ditemukan kasus Covid-19 yang melonjak di suatu lapas/rutan/LPKA karena keselamatan warga binaan dan petugas menjadi prioritas utama.

AN (43) warga binaan Lapas Selatpanjang ini sangat bersyukur dengan diizinkannya kembali WBP untuk dikunjungi walaupun masih sebatas keluarga inti.

"Alhamdulillah, terima kasih ya Allah. Terima kasih juga bapak/ibu petugas lapas dan Kemenkumham Riau," ujarnya terharu. "Rindu ini berat kawan-kawan, biar aku saja. Kalian tak akan kuat. Kalian yang diluar sana jangan sampai jadi napi, jangan melanggar hukum ya," pesannya kepada masyarakat.

 

Wartawan: A-R


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar