Petugas Dinas Pertanian Purbalingga Temukan Cacing Bersarang di Hati 3 Ekor Sapi Kurban

Petugas Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga memeriksa hewan kurban di RPH. Petugas menemukan ratusan cacing bersarang di hati sapi (sumber foto: iNews.ID)

 


SIBERONE.COM - Petugas Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga menemukan ratusan cacing bersarang di hati sapi. Temuan itu setelah petugas melakukan pemeriksaan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH)

Sekilas hati sapi tersebut  tampak sehat dan segar. Namun jika dilihat lebih dekat dan mengiris bagian dalamnya, terlihat ratusan cacing bersarang di hati sapi.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan hewan kurban sehat dan terbebas dari penyakit mulut dan kuku  sebelum dibagikan. 

Namun jumlah sapi kurban yang mengandung cacing hati  mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan seluruh sapi sudah disuntik obat cacing hati dan vitamin.

“Dari 22 ekor sapi kurban, tiga ekor sapi di antaranya  mengidap cacing hati. Total berat hati sapi yang telah rusak dan bercacing mencapai delapan kilogram,” kata Wahyudiono, petugas RPH Purbalingga.

Hati sapi yang mengandung cacing ini meski tidak berbahaya, tapi tidak layak konsumsi. Jika dimakan rasanya sudah tidak enak.  

Idul Adha tahun ini,  sapi kurban yang dipotong di RPH Purbalingga  jumlahnya meningkat enam kali lipat. Jumlah petugas ditambah agar tetap bisa melayani  masyarakat.

 

Sumber: iNews.ID


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar