Cegah PMK, Polsek Peranap Lakukan Pengecekan Terhadap Ternak Sapi

Jajaran Polsek Peranap melakukan pengecekan terhadap peternakan sapi di Kelurahan Peranap (sumber foto: Humas Polsek Peranap)

 

SIBERONE.COM -  Jajaran Polsek Peranap melakukan pengecekan terhadap peternakan sapi di Kelurahan Peranap, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, kamis (07/07/2022).

Kapolsek Peranap, Iptu Bahagia Ginting SH mengatakan kegiatan yang dilakukan ini merupakan upaya pencegahan terhadap penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

"Sehubungan dengan maraknya PMK saat ini, kami dari jajaran petugas kepolisian di wilayah, sesuai dengan instruksi pimpinan (Kapolres Indragiri Hulu), untuk rutin melakukan pengecekan dan pantauan terhadap peternak hewan yang berada di wilayah masing-masing,” ujarnya kepada awak media.

Lanjutnya, dalam kegiatan tersebut, pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melalui aparatur wilayah Kecamatan Peranap serta UPTD Peternakan Hewan wilayah Peranap, melakukan pengecekan dan pemeriksaan hewan ternak sapi di kandang dan di lokasi peternakan.

“Sedikitnya ada 8 ekor sapi yang dilakukan pemeriksaan oleh Dokter Hewan," singkatnya

menurutnya berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan pada 8 ekor sapi pada hari ini yang divaksin, dan adanya ditemukan gejala PMK terhadap hewan ternak yang telah diperiksa.

"Untuk gejala masih dilakukan penelitian oleh dokter hewan Kecamatan Peranap. Drh, Yosi Andiko A.K mengatakan kita selalu siap melakukan pemantauan langsung ke lapangan untuk giat vaksin dan sejauh ini, untuk di wilayah hukum Polsek Peranap lebih dari 10 ekor sapi ditemukan adanya gejala PMK pada hewan ternak,” tegasnya.

Tak lupa pula Kapolsek Peranap turut mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayah hukum Polsek Peranap, agar tidak perlu panik, terkait maraknya kabar PMK yang menyerang hewan ternak di daerah lain.

"Kami akan terus berupaya mencegah masuknya virus PMK di wilayah hukum Polsek Peranap. Kami pastikan hewan ternak yang dijual dipasaran saat inisudah lolos uji kesehatan," tutup Kapolsek Peranap.


Wartawan: A.Rust


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar