Wanita di Palopo Ganggu Imam Masjid Saat Sholat Ternyata ODGJ

Wanita di palopo ganggu imam mesjid saat sholat (sumber foto: Viva.co.id)

 


SIBERONE.COM – Baru-baru ini warga dihebohkan dengan viralnya di media sosial seorang wanita inisial HN di Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) menerobos jemaah yang sedang melaksanakan salat Jumat. Wanita 24 tahun itu ternyata orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang diduga kabur dari RS Dadi Makassar.

Aksi wanita ODGJ yang diketahui merupakan warga asal Sidrap itu, sempat terekam kamera CCTV masjid yang menyorot ke posisi imam dan makmum di Masjid Al-Barokah di kawasan Terminal Dangerakko, Kecamatan Wara, Jumat 17 Juni 2022

Dalam rekaman itu, terlihat HN menggunakan baju kuning, celana lepas hitam panjang dengan tas slempang coklat di samping melewati tempat wudu laki-laki lalu masuk ke dalam masjid. Setibanya disamping imam, tangan kanan ODGJ itu kemudian memegang tangan imam masjid, dengan sigap salah seorang makmum bagian depan saf segera mengamankan wanita tersebut.

Makmum yang mengamankannya itu, ternyata merupakan salah seorang anggota Polres Palopo yang kerab salat di masjid tersebut. Dia adalah Bripka Okto Abriadi. Okto Abriadi saat ditemui pasca kejadian, mengaku tidak mengenal wanita tersebut. Namun, setelah mendapat informasi dari sejumlah warga yang juga ikut salat Jumat berjamaah, barulah dia mengetahui bahwa wanita tersebut merupakan ODGJ.

"Saya juga tidak kenal dengan wanita itu, tapi menurut warga sekitar terminal dan orang yang kerap mangkal di terminal, katanya wanita itu gangguan jiwa," ujar Bripka Okto Abriadi saat dimintai konfirmasi, Sabtu 18 Juni 2022.

Setelah diamankan, kata Okto, dirinya sempat menggeledah barang bawaan HN. Dikhawatirkan perempuan tersebut membawa senjata tajam, namun hasil yang didapatkan hanya berupa alat kosmetik. 

"Seusai salat Jumat, saya geledah tas yang dia bawa. Tapi yang didapati dalam tasnya hanya peralatan kosmetik, tidak ada benda seperti berupa sajam," beber dia. Sementara warga setempat, Ilham Aheng menuturkan perempuan tersebut merupakan pasien gangguan jiwa yang sempat dirawat di RS Dadi Makassar. Namun dikabarkan kabur dari RS.

"Orang Sidrap itu, di Palopo tinggal kontrak di Jalan Belimbing sama suaminya. Pernah dibawa ke RS Dadi tahun lalu tapi kabur. Keluarganya juga sempat datang cari dia tapi sepertinya disembunyikan oleh suaminya yang sudah tua itu," urai Ilham kepada awak media.

Karena dibenarkan oleh warga wanita tersebut merupakan ODGJ, Okto bersama jamaah lainnya melepas wanita tersebut dan dibawa oleh suaminya. Warga yang mengenal HN pun menghubungi keluarganya yang tinggal tak jauh dari masjid. HN pun dijemput langsung oleh suaminya untuk dibawa pulang.

 


Sumber: Viva.co.id


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar