BUMDes Semangat Baru Kelola Sewa Kapal Pompong Pengangkut


SIBERONE. COM- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Semangat Baru Desa Belantaranya, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir kelola penyewaan kapal pompong.

Direktur BUMDes, Abdul Khair S.ag mengatakan unit usaha itu di gagasan untuk memudahkan warga setempat mengangkut hasil taninya, baik kelapa bulat, pinang, serta buah kelapa sawit.

Unit usaha itu guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) Belantaranya, soalnya kapal pompong menjadi tranportasi sungai yang paling efektif mengangkut barang.

"Alhamdulillah unit usaha ini berjalan dengan baik. Setidaknya petani tidak sulit lagi mengangkut hasil taninya untuk diantar ke pengepul atau langsung dibawa ke perusahaan," katanya. 

Unit usaha kapal pompong bertonase 38 tone tersebut sudah berjalan beberapa tahun belakangan ini, setidaknya hasil penyewaan kapal pompong itu sudah menyumbang PADes Belantaranya.

"Pertribnya kita mendapatkan untung dari hasil penyewaan kapal ini. Setidaknya sudah menghasilkan sebagai PADes Belantaranya," tuturnya.(Galery/DPMD INHIL) 


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar