Upaya Turunkan Stunting, Dinkes Inhil Gelar Bimtek

Dinkes Inhil Gelar Bimtek upaya penurunan stunting (sumber foto: Humas Dinkes Inhil)

 

SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) laksanakan Bimbingan Monitering Teknis (Bimtek) Penurunan Stunting bersama Jajaran Dinkes Provinsi Riau dan Dinkes Inhil di Aula Dinkes Inhil, Jalan Gajah Mada, Tembilahan, Rabu (15/6/2022).

Plt Kapala Dinas Kesehatan Inhil Budi N Pamungkas mengatakan selama 2 tahun Dinkes melakukan berbagai upaya penurunan Stunting, salah satunya dibungkus dalam Gerakan Satu Hati (GSH)

"Program Gerakan Satu hati ini merupakan Salah satu cara untuk mengatasi angka penurunan stunting yang pertama kali dilakukan di Kabupaten Indragiri hilir dan juga di Provinsi Riau," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, cara lain mengatasi Stunting adalah melalui mindset atau pola pikir masyarakat.

"Salah satu cara mengatasi angka penurunan stunting ini juga melalu mindset atau pola pikir dari masyarakat. Karena pola pikir dari masyarakat itu sangat berpengaruh, seperti pentingnya memberikan ASI eksklusif bagi bayi dan balita. Masih banyak dari masyarakat kita yang masih memberikan susu kental manis kepada balita. Padahal itu tidak cocok, dan ini masih menjadi perdebatan di masyarakat, pemikiran seperti inilah yang harus kita ubah. Dari dinkes sendiri akan terus berusaha melakukan penyuluhan dan edukasi kepada ibu hamil dan ibu yang memiliki balita pentingnya hidup sehat dan ASI eksklusif," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Provinsi Riau Elly Hayatinur menyampaikan Kepala Dinkes punya target di 2024 untuk angka penurunan angka Stunting.

"Kepala Dinas Kesehatan Provinsi punya target yang disampaikan pak Gubernur juga yaitu 14%, beberapa waktu lalu kita juga sudah lakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Kabupaten/Kota menyampaikan target-target dan tahapan mengenai penurunan Stunting,untuk itu kita perlu kerja keras," pungkas Elly.

Ia menambahkan tercapai atau tidaknya target tersebut yang utama kita tetap bekerja keras untuk itu semua.

"Dengan waktu satu setengah tahun ini paling tidak kita akan berkerja keras dan berusaha semaksimal mungkin mencapai target tersebut tidak hanya tinggal diam saja," tambahnya.

Diketahui, Dinkes Provinsi Riau sendiri selalu melakukan kunjungan ke daerah-daerah yang ada di Riau setiap bulannya guna pengecekan dan evaluasi.

 

Wartawan: Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar