Kapal KM Bintang Surya Terbakar di Tengah Laut, Ini Penyebabnya

Kapal KM Bintang Surya Terbakar di Tengah Laut, (sumber foto: Jurnalterkini)

 


SIBERONE.COM  - Evakuasi korban insiden terbakarnya kapal kargo KM Bintang Surya di Perairan Batam berhasil dilakukan oleh petugas gabungan.

Keseluruhan korban saat ini sudah dibawa ke Kabupaten Karimun, tepatnya tak jauh dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) TBK, Minggu (12/6/2022).

Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Joko Santosa mengatakan, nakhoda KM Bintang Surya dinyatakan meninggal akibat insiden nahas tersebut.

“Sementara 17 ABK kapal yang selamat sudah dievakuasi ke RSUD. Terkait kondisi kapal sudah terbakar habis dan tenggelam,” kata Joko, Minggu (12/6/2022).

Danlanal mengatakan, kebakaran kapal tersebut dipicu adanya api yang berasal dari bagian palka.

Api yang muncul itu kemudian dengan cepat merambat dan akhirnya menghanguskan kapal yang sedang membawa barang berupa asbes dan drum plastik tersebut.

“Sumber api berasal dari palka, api dengan cepat merambat karena membawa barang-barang yang mudah terbakar,” katanya.

Danlanal mengatakan, kapal jenis kargo mini tersebut berangkat dari pelabuhan Pulong, Malaysia dengan tujuan akhir Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau.

“Untuk lokasi kebakaran berada kurang lebih 40. Mil utara pulau Nipah Batam,” jelasnya.

Diketahui, petugas telah melakukan evakuasi dan menyerahkan jenazah nakhoda kapal atas nama Abdul Jamal ke pihak keluarga yang berada di Kecamatan Kundur, Karimun.

 

Sumber: Jurnalterkini


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar