Pembatas Tanggul Jebol, Lurah Tanjung Mas: Perbaikan Segera Dilakukan

Lurah tanjung mas, Soni Yuda Putra Pradana S, STP. M. SI (sumber foto: Istimewa)

 

SIBERONE.COM - Pembatas tanggul laut Tambak Mulyo, Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah, jebol membuat prihatin Masyarakat.

Lurah Tanjung Emas, Soni Yuda Putra Pradana S, STP. M. SI yang ditemui jurnalis media siberone.com diruang kerjanya mengatakan bahwa sangat prihatin atas terjadinya tanggul pembatas laut jebol dan mengakibatkan rob yang lumayan tinggi dua hari terakhir.

"Kami prihatin atas musibah ini yang tidak bisa kita hindari, memasuki wilayah kelurahan tanjung mas yang sebelumnya hanya 5 rw rob harian bertambah menjadi beberapa rw lagi, jadi kita semua sudah bergerak bersama dari unsur pemerintah, swasta dari akademis dari warga sudah bergerak bersama," ungkap Soni yudha Putra Pradana pukul 13.35 wib (25/5/2022). 

Dijelaskan juga oleh Soni Yuda bahwa proses bantuan dan perbaikan sudah diturunkan oleh beberapa pihak.

"Semua sudah bergerak yang jelas proses perbaikan - perbaikan segera dilakukan dan insya Allah bantuan bantuan yang sifatnya urgend dan mendesak seperti nasi atau sembako semua sudah turun dan kami selalu mendata terus kebutuhan apa yang dibutuhkan warga, untuk masyarakat semua sudah digelondorkan oleh beberapa pihak," jelasnya.

Perbaikan tanggul segera akan dibangun dan diperbaiki dan diperkuat oleh beberapa pihak dari DPUWS dan DPU Propinsi maupun DPU kota. 

Ada 5 rw dari tambak lorok dari rw 12-16 yang terdampak rob harian yang membuat keprihatinan, karena tanggul pembatas laut jebol memperparah mengakibatkan air laut yang dari pelabuhan memasuki dan melimpah ke jalan Ronggowarsito sehingga menggenangi beberapa perkampungan warga yang lebih rendah seperti wilayah  rw 8-rw 11 setinggi -+ 60cm.

"Kita bekerja sama dengan puskesmas, rumah sakit, juga ada langsung ke titik-titik rawan. Begitu air surut mereka sudah ada stand by di posko-posko kesehatan termasuk puskesmas juga ada yang keliling juga untuk mantau kesehatan masyarakat yang terdampak air rob," ucapnya.

Soni mengungkapkan harapannya dengan permasalahan ini bisa segera ditangani dan tanggul.

"Harapan kami permasalahan ini segera tertangani dengan perbaikan tanggul yang jebol yang tadi sedang dikerjakan peninggian tanggul dan perbaikan tanggul laut tahun ini juga," tutup Soni.

 

wartawan: Agus Romadhon


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar