Dinkes Inhil dan UPT Puskesmas Tembilahan Hulu Laksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional

Kegiatan BIAN di Posyandu Pelita Jaya (sumber foto: Istimewa)

 


SIBERONE.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Bersama UPT Puskesmas Tembilahan Hulu laksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Imunisasi tersebut berlangsung di posyandu pelita Jaya, Jl. Pelita Jaya 5 kelurahan Tembilahan Hulu, Selasa (24/5/22) pagi.

Pelaksanaan (BIAN) melindungi anak Indonesia dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, BIAN diberikan di Fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes), puskesmas, rumah sakit, sekolah dan pos imunisasi lainnya mulai di bulan Mei 2022.

Pelaksanaan imunisasi anak nasional di posyandu Tembilahan Hulu dibuka oleh Camat Tembilahan Hulu Ridwan S.sos Msi, yang sebelumnya Pembukaan Pelaksanaan BIAN dibuka oleh Gubernur Riau pada awal mei tahun 2022.

"Untuk pelaksanaan BIAN Tembilahan Hulu ini di pusatkan di Kelurahan Tembilahan Hulu, yang mana imunisasi ini dilaksanakan sampai ke pelosok Desa, ke posyandu terdekat. semoga dengan resmi nya dibuka pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional di Tembilahan Hulu kemudahan bisa kita capai dengan antusias bersama Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu, Lurah, Kepala Desa, serta Dinkes Inhil, karena imunisasi untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi," ujar Camat Tembilahan Hulu.

Senada dengan pembukaan pelaksanaan BIAN di Posyandu Tembilahan Hulu, Dinkes Inhil Kasi Surveilans imunisasi, Guslianti Skm menyampaikan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional Insyaallah bisa berjalan dengan lancar.

"Ya Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan pelaksanaan khususnya di Tembilahan Hulu yang mana pada tanggal 18 mei tadi Kita sudah laksanakan pencanangan di Provinsi yang dibuka langsung oleh Presiden dan dihadiri oleh Gubernur serta dihadiri se-kabupaten, untuk targetnya untuk anak yang belum melakukan vaksin lengkap, dari anak umur 9 kita harus memberikan vaksin yang belum lengkap, dan kita melihat ke belakang Apakah dia sudah mendapatkan pasien polio, untuk anak umur 12 bulan sampai 15 tahun itu diberi vaksin yang sama yaitu rubella," ujar kasi surveilans Dinkes Inhil.

Disampaikan langsung tujuannya untuk menyehatkan anak anak Harapan Bangsa agar tidak ada lagi anak-anak yang luput dari imunisasi untuk menuju anak sehat Indonesia.

"kita mengharapkan setiap anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap bisa segera lakukan imunisasi Semoga semua anak-anak maupun diluar daerah bisa laksanakan imunisasi lengkap di posyandu-posyandu terdekat," harapnya.

Selanjutnya, kepala puskesmas Tembilahan Hulu Hj. Rosdinah, S.ST, M. Kes pencanangan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang mana ini dilaksanakan serentak diseluruh posyandu PAUD dan SD yang ada diwilayah kecamatan Tembilahan Hulu.

"Adapun sasaran kami sekitar 7891 orang yang terdiri dari usia 9 bulan sampai 15 tahun, dan untuk program kejar sampai usia 59 bulan, untuk usia 59 bulan ini bagi anak anak yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap," tutup Hj. Rosinah.

 

Wartawan: Ema


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar