Setelah 2 Tahun Ditiadakan Pemprov Riau Kembali Gelar Festival Lampu Colok Tahun Ini

Gubri sulutkan api saat membuka festival lampu colok di halaman gedung daerah (Sumber : Tribunpelanbarutravel.com)

 

 

SIBERONE.COM -  Setelah sempat ditiadakan selama dua tahun terakhir ini, Pemprov Riau tahun ini kembali ‎menggelar Festival Lampu Colok .  

Sejumlah perkantoran OPD di lingkungan Pemprov Riau menghiasai halaman kantornya dengan hiasan lampu colok.

Termasuk di depan kantor gubernur Riau dan di gedung daerah. ‎ Festival lampu colok untuk meriahkan penghujung malam bulan Ramadan secara resmI dibuka oleH Gubernur Riau Syamsuar di Kediaman Gubernur Provinsi Riau Pekanbaru, Kamis malam (28/04/2022) malam.

Di kesempatan yang sama, terlihat warga Pekanbaru antusias menyaksikan meriahnya lampu colok yang berbentuk masjid tersebut.

‎Gubri mengatakan bahwa sebagai mana adat melayu dari masa dulu dimana saat penghujung puasa selalu dinyalakan lampu colok untuk menerangi malam tersebut.

“Alhamdulillah malam ini telah di nyalakan ya, ini merupakan budaya dari masa dulu  dimana lampu colok ini telah masuk ke dalam daftar warisan budaya nasional,” katanya.

Orang nomor satu di provinsi Riau ini menambahkan dengan di adakannya festival lampu colok ini tentunya untuk melakukan pelestarian budaya yang identik dengan ciri khas Melayu .

“Tahun ini dengan diadakannya perlombaan festival lampu colok semoga nantinya agar tumbuh anak-anak kreatif dalam rangka membudayakan dan melestarikan lampu colok di bumi Riau kita ini,” katanya lagi.

Gubri Syamsuar juga berharap kegiatan lampu colok ini akan terus di laksanakan dari masa ke masa dan semakin luas menyalanya di setiap daerah Riau.

“Semoga kegiatan ini terus dijalankan sepanjang masa tidak hanya ada di kota Pekanbaru dan Bengkalis, semoga dilaksanakan ke setiap daerah di Riau,” katanya. 


Sumber : Tribunpekanbarutravel.com


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar