TP-PKK Desa Sialang Panjang Tinjau Pelaksanaan Posyandu dan Berikan Vitamin A Untuk Balita


Siberone.com - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Desa Sialang Panjang meninjau langsung Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk balita dan pemberian vitamin A serta obat cacing di Dusun Pandan Sari, Desa Sialang Panjang Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir.

Ketua TP-PKK Desa Sialang Panjang Ny Yulianti Juber, S.Pd, M.Si menuturkan bahwa Posyandu terhadap anak sangatlah penting untuk mengetahui kesehatan Bayi Bawah Lima Tahun (BALITA) agar tidak mudah sakit dan juga cacingan.

"Pemberian vitamin A perlu diiringi dengan pemberian obat cacing agar penyerapan zat gizi pada balita sempurna dan dapat meningkatkan status gizi. Kecacingan pada anak akan menimbulkan masalah kesehatan berupa kekurangan gizi yang bersifat kronis yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan risiko kesakitan dan kematian pada balita," ungkapnya.

Kekurangan Vitamin A pada anak kata Ny Yulianti Juber, S.Pd, M.Si menambahkan akan bisa meningkatkan resiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare serta kebutaan.

"Obat cacing diberikan pada anak yang sudah berumur diatas satu tahun, berfungsi untuk membasmi berbagai jenis cacing dalam tubuh anak dan juga bisa mengurangi stunting”, terangnya, Selasa (15/2/22).

Terakhir Ketua Program Studi Teknologi Pangan di Universitas Islam Indragiri ini menyebutkan bahwa selain itu, kesehatan juga menjadi salah satu indikator mewujudkan sumber daya masyarakat (SDM) yang unggul. Karena itu posyandu sebagai salah satu upaya layanan kesehatan bersumber daya masyarakat merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat agar lebih sehat.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar