Diikuti 263 Karateka, Kejurda Lemkari Riau Siap Cetak Atlet Berprestasi


SIBERONE.COM  - Sebanyak 263 karateka dari berbagai Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Lembaga Karate-Do Republik Indonesia (Lemkari) Provinsi Riau tahun 2022 yang digelar selama 2 hari yakni 29-30 Januari 2022. Kegiatan digelar di Gelanggang Remaja, Jalan Sudirman, Pekanbaru.

"Kami dari pengurus Lemkari Riau menggelar Kejurda Lemkari se-Provinsi Riau. Yang memang dalam 2 tahun terakhir, karena Covid-19 kegiatan seperti ini tidak bisa dilaksanakan. Dan kali ini, meski pandemi belum berakhir kita mencoba untuk melakukan agenda ini, namun tentunya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan," ujar Ketua Lemkari Riau Misharti, Sabtu (29/1/2022).

Ia mengatakan Kejurda ini terlaksana berkat kerjasama semua pihak. Dan dirinya sebagai Ketua Lemkari Riau berupaya untuk dapat menciptakan atlet-atlet karate dari Lemkari Riau. 

"Sehingga atlet karate dari Lemkari Riau bisa ikut dalam ajang PON ke 21 mendatang dan juga olimpiade. Karena sesungguhnya dari karate, Lemkari pernah mengutus atlet untuk ikut olimpiade," sebut Misharti.

Dikatakan Misharti, untuk kegiatan Kejurda Lemkari Riau ini diikuti oleh 263 karateka yang berasal dari 6 Pengcab yaitu Pengcab Lemkari Pekanbaru, Pelalawan, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, dan Indragiri Hilir. 

"Untuk kelas yang dipertandingkan adalah sebanyak 62 kelas dengan total hadiah mencapai Rp10 juta serta piala bergilir. Kita harapkan kegiatan ini bisa berjalan sukses dan bisa lahir atlet berprestasi dari Lemkari Riau," sebutnya.

Tak hanya menggelar Kejurda saja, selama ivent berlangsung, pihaknya juga menggandeng UMKM untuk melakukan pameran di luar gelanggang remaja. 

"Kita bisa merasakan selama ini UMKM terpuruk akibat Covid-19. Untuk itu kami membawa beberapa UMKM untuk membuat bazar di luar. Ini sebagai salah satu upaya kita dalam membangkitkan serta memajukan perekonomian Riau," ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau, Bobby Rachmat yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada Lemkari Riau yang sudah menyelenggarakan Kejurda dan ternyata antusiasnya cukup besar.

"Pemprov Riau menyampaikan selamat atas terselenggaranya Kejurda Lemkari Riau 2022. Dimana kita lihat ada 6 Pengcab yang hadir dan mengikuti Kejurda ini," ujar Bobby Rachmat.

Ia mengatakan, pihaknya melihat potensi atlet-atlet usia dini di Provinsi Riau bisa dikatakan cukup membanggakan. "Kita harapkan Lemkari menjadi garda terdepan dalam menciptakan prestasi terutama bagi atlet - atlet karate yang tergabung di Lemkari di Provinsi Riau," ucapnya.

"Semoga kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dan juga ajang prestasi untuk kita semua. Dan kita harapkan bersama kegiatan ini bisa terus berkelanjutan," imbuhnya.

Lanjut Bobby, hasil dari kejurda ini diharapkan dapat mencetak para atlet yang berprestasi untuk selanjutnya menjadi atlet potensial Riau kedepannya. 

"Saya kira ini baik untuk pembinaan dan juga olahraga prestasi yang ada di provinsi Riau. Dan tentu ini menjadi harapan kita bersama untuk bagaimana kita membangun dan mencetak para juara terutama atlet Riau untuk tampil baik di tingkat pelajar maupun juga di tingkat multi ivent nasional. Seperti ada Popnas tahun 2023 dan juga Pra PON ataupun Porwil tahun 2023 dan lain sebagainya," ucapnya.

Diharapkan kegiatan yang masih akan berlangsung hingga besok ini bisa berjalan dengan baik dan lancar serta sukses. Dan tentunya juga mampu menciptakan prestasi luar biasa.

"Namun harus diingat juga, saat ini kita masih di tengah pandemi Covid-19, untuk itu pembatasan protokol kesehatan tetap dilaksanakan saya kira ini tetap menjadi perhatian kita bersama baik dari pihak panitia dan juga para atlet yang mengikuti lomba," pungkasnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar