Tim TRC Damkar Inhil Berhasil Evakuasi Buaya di Sialang Panjang dengan Berat 500 kg

Dokumentasi Tim Damkar Inhil

SIBERONE.COM - Mendapatkan informasi mengenai sering kemunculan Buaya dan meresahkan masyarakat di desa Sialang Panjang Tim TRC Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) kabupaten Indragiri Hilir bergerak cepat dan berhasil melakukan evakuasi Buaya Muara.

Pernyataan itu disampaikan langsung kepala Dinas Damkar kabupaten Indragiri Hilir Drs H. Ediwan Shasby bahwa tim TRC Damkar telah berhasil mengamankan seekor Buaya di desa Sialang Panjang kecamatan Tembilahan Hulu.

Sebelum operasi dilakukan terlebih hari selasa (16/11) dilakukan brefing yang dipimpin langsung Kadis Damkar. untuk mengambil. Langkah-langkah penanganan evakuasi mengingat hewan buaya muara ini cukup besar sementara 15 aliran sungai (parit) yang menjadi titik lokasi keberadaan buaya yang sering menampakkan diri.

Tepat hari ini Rabu (17/11) sekitar pukul.11.00 WIB. Tim sudah berada di lokasi/ Desa Sialang Panjang yang terlebih dahulu Apel persiapan dihadiri aparat Desa dan. babinkantibmas selanjutnya TRC Damkar bergerak menyesuri parit-parit di mana lokasi buaya berada.

"Tim TRC Damkar kita bergerak langsung mendapat informasi bahwa masyarakat resah terhadap sering kemunculan Buaya di muara sungai Sialang Panjang," pungkasnya.

Lanjut dikatakannya 2 Regu TRC  Damkar beranggotakan lebih kurang 25 orang didamping Pengawas.
Tim EMS/Emergency Medical Service/ Medis sebanyak 3 orang.

"Tim kita turun kurang lebih 28 anggota DPKP dan juga dibantu oleh Babinkamtibmas Sialang panjang, dan warga serta pemerintah desa," sebutnya Rabu (17/11/2021).

Ia juga mengatakan sebelumnya mengkoordinasikan dulu dengan aparat desa Sialang Panjang, dan Babinkamtibmas Sialang panjang Aipda Ridho Warsika guna mempersiapkan Operasi penangkapan dan evakuasi Buaya.

Lebih lanjut ungkap Kadis Damkar,
proses penangkapan buaya berjalan. Memakan waktu lebih kurang 8 jam dan beberapa kali mengalami kegagalan karena buaya yang ditangkap cukup besar. Tim terus melakukan pencarian sampai malam hari.

"Kurang lebih 8 jam tim kita menyisir sungai, dan juga berberapa kali mengalami kegagalan, Buayanya cukup besar panjang lebih kurang 4.5 m. lebar 60- 70 cm dan berat sekitar 500 kg," jelasnya.

 Ediwan. Dua  hari sebelum ini juga pihak DPKP Inhil juga sudah menyerah 2 ekor ular piton sanca batik ke Bksda Rengat. Dan juga  berhasil menangkap buaya yang meresahkan masyarakat di jalan Suhada kec Tembilahan Hulu.

Operasi yang dilakukan DPKP ini berjalan lancar dan baik serta semua anggota dalam keadaan baik, sehat, keletihan dalam melaksanakan tugas sudah terbayarkan dengan keberhasilan penangkapan buaya hari ini.

Ia juga mengungkapkan Buaya dapat ditangkap dan langsung dievakuasi ke Mako Damkar Inhil. Untuk diamankan sementara sambil menunggu koordinasi lebih lanjut dengan pihak BKSDA Rengat.

"kami menghimbau kepada masyarakat sekitar lokasi ditemukan buaya agar tetap berhati-hati dan waspada karena tidak tertutup kemungkinan masih ada buaya lainnya," imbuhnya.

Menurut kepala dinas Damkar Ediwan Shasby ada beberapa kemungkinan Buaya bisa berada di pemukiman masyarakat: kondisi cuaca musim penghujan dan air pasang sangat berpengaruh, habitat dari Buaya terganggu. Buaya mencari makan atau mangsa yang ada sumber makanan. kemungkinan lain buaya mencari tempat bertelur.

Terakhir ia juga selaku Kadis DPKP Inhil mengucapkan terima kasih atas dukungan pimpinan Bupati Inhil HM Wardan, dalam mensuport kinerja Damkar selama ini.

"Begitu juga kepada aparat desa yang sudah menyampaikan informasi keberadaan hewan buas/ buaya yang meresahkan masyarakat dukungannya sehingga operasi ini dapat berjalan lancar," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar