Kampanye Gemarikan, Terciptanya Generasi Sehat, Kuat dan Cerdas


SIBERONE.COM - Kampanye Gemarikan "Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan" berlangsung di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal, Kamis (14/10/2021). 

Seluruh pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Kota Tegal diminta dapat berperan aktif dalam mensukseskan program Kampanye Gemarikan.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan Gemarikan para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Kota Tegal dapat berperan aktif dalam mensukseskan program Kampanye Gemarikan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Fendiawan Tiskiantoro yang diwakili kepada Kepala Dinas Kelautan Wilayah Barat Herlin Dewi Sulistiyani dalam sambutannya. Fendiawan mengatakan pentingnya peningkatan nutrisi kepada anak-anak terutama pada masa tumbuh kembang dan pembangunan cetak biru kesehatan mental dan fisik anak menjadi fokus pemerintah yang diwujudkan dengan upaya peningkatan nutrisi melalui gerakan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

"Jawa Tengah sedang mengupayakan bebas stunting dengan target dibawah 20 persen pada tahun 2023. Beberapa upaya Jawa Tengah dalam menurunkan angka stunting diantaranya melalui pengadaan jamban, pemberian vitamin bagi bayi, pemberian gizi tambahan bagi ibu hamil," paparnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal sekaligus Ketua Forikan Kota Tegal Roro Erfa Kusnabilla Dedy Yon menyampaikan bahwa kegiatan Kampanye Gemarikan bertujuan untuk meningkatkan Angka Konsumsi Ikan (AKI) sesuai dengan program kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan yakni tercapainya generasi sehat, cerdas, kuat.

"Kegiatan Kampanye Gemarikan 2021 dilakukan  dengan memberikan paket Gematikan untuk 300 orang yang teridiri dari ibu hamil, ibu menyusui, balita stunting serta para santri dan santriwati di Pondok Pesantren Nururrokhayah dan Asrama Pendidikan Islam (API) Kota Tegal," ujar Roro.

Melalui giat tersebut, Roro juga berharap nantinya masyarakat Kota Tegal sadar akan pentingnya makan ikan, baik berupa ikan segar maupun hasil olahan dan dapat lebih menggemari ikan sehingga terciptanya generasi yang sehat, kuat dan cerdas. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar