4 Cara Ajaib untuk Memperbaiki Penyok di Mobil

Gambar ilustrasi, sumber foto CNN Indonesia

 

SIBERONE.COM - Menyetir di kota-kota besar Indonesia terkadang membutuhkan kemampuan ekstra supaya tidak menyenggol mobil lain di jalanan yang ramai. 

Dengan jumlah kendaraan yang tiap tahun makin bertambah, persentase untuk terjadinya hal tersebut semakin besar. Kalau pun tidak terjadi dengan mobil lain, bisa saja terjadi ketika kamu ingin parkir, atau ketika masuk ke gang yang sempit.

Banyak hal yang bisa membuat mobilmu penyok dan tentunya kamu tidak menginginkan hal tersebut. Tapi seandainya hal tersebut terjadi, kamu tidak perlu panik, ada 4 cara ajaib supaya penyok di mobilmu bisa hilang tanpa perlu ke bengkel.


Memanfaatkan air panas
Ya, kamu tidak salah baca. Penyok yang ada di mobilmu bisa hilang dengan menggunakan air panas. Syarat memperbaiki dengan cara ini hanya ada satu, yaitu pastikan bagian body mobil yang penyok terbuat dari plastik, misal bagian bemper depan atau belakang. Kalau syarat itu sudah terpenuhi, kamu bisa mulai memperbaiki penyok tersebut, caranya:
Siapakan air panas terlebih dahulu, nantinya air panas ini akan kita gunakan untuk memanaskan bagian mobil yang penyok. Pastikan air panas tersebut tidak terlalu sedikit agar lebih efisien ketika digunakan
Siram air panas sedikit demi sedikit ke bagian mobil yang penyok, mulai dengan bagian yang kecil terlebih dahulu
Ketika sudah disiram, ambil kain yang agak tebal dan mulai tekan-tekan secara perlahan bagian mobil yang kamu siram. Ingat jangan terlalu kencang menekannya supaya bodi mobil tidak semakin rusak
Perlahan-lahan bagian mobil yang penyok akan mulai kembali ke posisi semula. Ulangi langkah di atas sampai kamu puas dengan hasilnya.

Memanfaatkan es batu
Kalau di cara pertama kita menggunakan air panas, untuk cara kedua kita akan pakai es batu. Secara umum konsepnya sama dengan penggunaan air panas, yaitu memanfaatkan suhu. Cara kedua ini bisa jadi alternatif lain yang pastinya tidak kalah praktis dan mujarab dalam menyembuhkan penyok di mobil kesayanganmu. Bagaimana caranya?
Siapkan es batu dan hair dryer. Pastikan es batu tidak terlalu kecil supaya dapat bertahan lebih lama ketika terkena suhu di luar kulkas
Tempelkan es batu tersebut ke bagian mobil yang mengalami penyok dan biarkan selama kurang lebih 2 menit
Tunggu hingga muncul butiran-butiran mirip salju di sekitar bagian mobil yang penyok tersebut
Lepas es batu yang kamu tempel dan mulai gunakan hair dryer di bagian tersebut
Perlahan bagian mobil yang penyok tersebut akan kembali ke bentuk semula selama kerusakannya tidak terlalu parah.

 

Menggunakan hair dryer dan cairan karbondioksida
Cara yang ketiga ini bisa dibilang mirip praktikum di lab ketika kita sekolah dulu karena menggunakan bahan kimia berupa cairan karbondioksida. Kamu bisa mendapatkan cairan ini dengan mudah lewat toko online atau datangi toko kimia yang dekat dengan lokasi tinggalmu. Begini caranya:
Siapkan hair dryer dan cairan karbondioksida, ingat untuk selalu hati-hati karena cairan ini adalah bahan kimia
Nyalakan hair dryer dan arahkan ke bagian mobil yang penyok, lakukan hal ini sampai kamu rasa bagian tersebut sudah cukup panas. Semakin parah kerusakannya maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan
Ketika sudah dirasa cukup panas, segera semprotkan cairan karbondioksida ke bagian mobil tersebut lalu tekan-tekan dengan kain hingga bagian yang penyok kembali ke posisi semula.

 

Menggunakan pop-a-dent
Cara terakhir ini jadi cara yang paling “ampuh” untuk memperbaiki penyok di mobil milikmu. Yang perlu kamu punya hanya satu hal, pop-a-dent. Alat tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai toko online dengan harga yang terjangkau. Prinsip kerja alat ini adalah menyebarkan tekana secara merata ke seluruh permukaan mobil/bagian mobil yang penyok. Bagaimana cara menggunakan alat tersebut?
Pilih dan tentukan pad lem yang sesuai dengan ukuran bagian mobil yang penyok
Panaskan pad lem tersebut, ingat untuk berhati-hati karena lem ini sangat panas lalu tempelkan ke bagian mobil yang penyok
Segera pasang pop-a-dent dan kencangnkan dengan cara memutar sekrup searah jarum jam
Ulangi proses hingga bagian penyok kembali ke posisi semula
Perlu dicatat, lem panas tidak boleh dibiarkan menempel lebih dari 8 menit, karena nantinya lem akan mengeras dan sangat sulit untuk dilepas


Keempat cara di atas tentu saja tidak bisa kamu gunakan selamanya karena cara tersebut hanya bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan kecil pada mobil. Belum lagi semua harus kamu kerjakan sendiri dan membutuhkan waktu lebih ketika kamu sibuk berkegiatan. Tapi tenang, ada cara yang lebih mudah ketimbang empat cara di atas yang bisa kamu lakukan, yaitu beli asuransi mobil di Qoala. Kamu bisa membeli, membandingkan, konsultasi, dan mengajukan klaim secara digital. Bebas repot melindungi mobil dengan maksimal!


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar