Menjelang Malam Final, 20 Pasang Finalis Dubas Kunjungi LAM dan TVRI Riau


SIBERONE.COM - Menjelang pelaksanaan malam final pemilihan Duta Bahasa Riau tahun 2020, 20 pasang finalis melaksanakan kunjungan ke Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR)  di Jalan Diponegoro dan juga Televisi Republik Indonesia (TVRI)  Riau-Kepri yang terletak di Jalan Durian,  Pekanbaru (Senin, 20 Juli 2020).

Saat mengunjungi LAMR,  finalis yang didampingi panitia dan pegawai Balai Bahasa ProvinsibRiau (BBPR)  disambut langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH)  LAM,  Datuk Seri Syahril Abu Bakar,  Timbalan Majelis Kerapatan Adat (MKA)  LAMR,  Datuk Marjohan Yusuf,  Timbalan Ketua LAMR,  Datin Nuraini,  Sekretaris Umum DPH LAMR,  Datuk Nasir Penyalai,  serta datuk dan datin yang berkesempatan hadir. 

Dalam arahannya, Datuk Seri Syahril Abu Bakar mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih atas kunjungan finalis Duta Bahasa yang didampingi langsung Zihamussholihin, S.Ag.,M.Pd., Kepala Subbag, Tata Usaha Balai Bahasa Provinsi Riau serta panitia pemilihan Duta Bahasa Riau tahun 2020.

"Melalui kunjungan ini, diharapkan  finalis Duta Bahasa Riau mendapat pengetahuan mengenai budaya dan nilai-nilai kemelayuan serta dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga budaya dengan menerapkan adab yang baik dalam dirinya, " ucap Datuk Seri Syahril Abu Bakar yang juga sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI)  Provinsi Riau.


Selanjutnya, Datuk Syahril Abu Bakar juga berpesan agar finalis dubas tidak hanya pandai dalam berbahasa yang baik melainkan juga dapat menjadi contoh dalam berperilaku. Menurutnya,  sebagai orang Melayu kita harus memiliki adab dan tingkah laku yang baik karena Melayu itu adalah Islam.

"Paling utama dalam berperilaku ialah adab. Tanpa adab yang baik, kita ini tidak ada apa-apanya di mata orang lain, " ulas Datuk.

Sementara itu, saat mengunjungi Studio 2 TVRI Pekanbaru,  para finalis yang didampingi langsung oleh Kepala Balai Bahasa Riau,  Drs. Songgo Siruah, M.Pd. beserta panitia,  disambut hangat oleh Kepala TVRI Riau-Kepri,  Yasran, Kepala Pemberitaan TVRI,  Darmawan serta jajaran dan kru lainnya. 

Kunjungan di TVRI,  begitu sangat dinikmati oleh para finalis karena mendapatkan ilmu dan wawasan terkait penyiaran,  pengambilan gambar, cara mengedit berita,  serta kode etik yang ada di dalam dunia jurnalis. 

Kepala pemberitaan TVRI Pekanbaru,  Darmawan mengatakan,  dirinya bersama jajaran lainnya sangat berbahagia dengan kedatangan pihak BBPR bersama para finalis Duta Bahasa Riau 2020. Menurut Darmawan,  antara TVRI dan BBR,  memiliki kesamaan dalam mencerdaskan bangsa terutama dari segi melestarikan bahasa Indonesia dan juga daerah. 

"Semoga pertemuan ini bukan terakhir kalinya.  Kita berharap ke depannya dapat bersama bersinergi dalam mencerdaskan bangsa, " pungkas Darmawan


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar