Warga Kepri Bisa Dapat Bibit Gratis Dari BPDSHL Terkait Program Bibit Gratis Bagi Petani

Manager persemian BPDASHL seijang Duriankang Tanjungpinang.

Siberone.com, Tanjungpinang - Warga kepulauan Riau, terutama warga Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang, sangat mengapresiasi program Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Sei Jang Duriankang Tanjungpinang dalam pelaksanaan program bibit gratis bagi petani yang ada di Kepri.

Para petani baik kelompok maupun perorangan mendapatkan bibit gratis tersebut untuk di tanam di perkebunannya masing-masing terutama yang memiliki kebun dan yang membuka lahan baru di daerah Bintan dan Tanjungpinang.

Sriyono, merupakan petani di Bintan, sangat mengapresiasi program bibit gratis yang dilaksanakan oleh BPDASHL tersebut.

"Dengan adany program bibit gratis BPDASHL ini, kita para petani sangat terbantu sekali, kita hanya tinggal menanam saja, dan proses permintaan bibitpun sangat mudah," Terang Sriyono , Kamis (19/08/21) diwawancara saat pengambilan bibit gratis di BPDASHL Sei Jang Tanjungpinang.

Kebanyakan para petani saat ini di beberapa wilayah di Kepri banyak membuka lahan baru baik lahan pribadi maupun lahan hutan untuk berkebun, disamping bibit untuk berkebun juga sekaligus melakukan penghijauan.

"Bibit yang kita minta di BPDASHL tersebut ada bibit berupa jenis kayu-kayuan untuk penghijauan lahan seperti mahoni, pulai, salam, ketapang kencana, tabebuya dan sebagainya, sedangkan untuk tanaman buah berupa jengkol, petai, matoa, sirsak, durian, jambu, rambutan dan lain-lainnya," Terangnya.

Manager Persemaian BPDASHL Sei Jang Duriankang Tanjungpinang, Aswan Basri,S.Pi, menjelaskan bahwa tahun 2021 BPDASHL melakukan program membagikan bibit gratis kepada masyarakat yang ada di Kepri.

"Tahun 2021 Kementerian LHK melalui BPDASHL Sei Jang Duriangkang ada program membagikan bagi-bagi bibit gratis sebanyak 500.000 batang yang tersebar di wilayah Kepulauan Riau," Terang Aswan, Kamis (19/08/21) di balai pembenihan BPDASHL Tanjungpinang.

Untuk mendapakant bibit gratis tersebut masyarakat bisa memperolehnya dibeberapa posko penyamaian yang dilakukan oleh BPDASHL di beberapa wilayah yang ada di Kepri.

"Masyarakat Kepri bisa memperoleh bibit gratis tersebut di beberapa posko bibit yang sudah kita laksanakan, yakni Posko Bintan, Batam, Karimun, Lingga dan Natuna," tutupnya.


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar