Belum Ada Kesadaran Patuhi Prokes Ditengarai Penyebab Meningkatnya Covid-19


SIBERONE.COM – Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, telah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro hingga 5 Juli 2021 mendatang. Namun, lonjakan kasus virus corona atau Covid-19 di Purbalingga ditengarai masih terus terjadi.

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga per tanggal 30 Juni 2021 terpantau masih terjadi peningkatan kasus Covid-19, dimana saat ini kasus aktif di Purbalingga terdapat 188 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan 1.164 lainnya menjalani isolasi mandiri, sembuh 6.070 orang dan meninggal dunia  sudah terkonfirmasi sebanyak 335 orang. Angka ini meningkat dibanding beberapa hari yang lalu.

Menurut Perwira Seksi Operasi Kodim 0702/Purbalingga Kapten Arm Mindoko saat dikonfirmasi menuturkan masih kendornya kesadaran masyarakat untuk mematuhi  pemberlakuan kebijakan yang tertera dalam surat edaran Bupati nomor 300/12064 turut dituding menjadi salah satu penyebab terus meningkatnya kasus yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga, Rabu, (30/6/2021).

"Aturan memang telah ada tapi seolah bagi masyarakat masih hanya sekedar aturan, masyarakat disinyalir masih belum dapat menerapkannya secara maksimal, di beberapa tempat masih kita jumpai masyarakat yang belum melaksanakan protokol kesehatan," ungkapnya.

Menurutnya, dalam hal ini kerja sama seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat juga turut menjadi kunci dari suksesnya upaya untuk keluar dari pandemi yang terjadi, Kapten Arm Mindoko menyayangkan masyarakat belum memahami dan menyadari adanya bahaya pandemi Covid-19 yang sedang mengancam.

"Harusnya ada kesadaran dari masyarakat semisal jangan menunggu dibubarkan kerumunannya tapi sadar bahwa ini sedang ada seperti ini (pengetatan PPKM) ditunda dulu kegiatan kongkow-kongkow berkerumunnya, penggunaan masker maupun protokol kesehatan lainnya juga mutlak harus dipatuhi," katanya.

Kapten  Arm Mindoko juga turut mengimbau kepada aparat pemerintah pada level kecamatan dan desa/kelurahan untuk lebih menyadarkan masyarakat. Selain itu mereka diminta mengawal penerapan kebijakan PPKM Mikro di wilayah masing-masing.

"Sosialisasi kepada masyarakat perlu ditingkatkan, Pak Camat, Pak Kades diharapkan  dapat berperan lebih agar PPKM Mikro betul-betul berdampak pada penurunan kasus Covid-19 yang ada di Purbalingga saat ini," ujarnya. (HS/SF)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar