Diskominfo Kabupaten Tegal Sukses Gelar Lomba Konten Kreatif Pembangunan II


SIBERONE.COM - Kepala Dinas Kominfo Dessy Arifianto menyerahkan hadiah kepada salah satu pemenang Lomba Konten Kreatif Pembangunan II Subtema Wisata Desa.

Setelah sukses pada pelaksanaan Lomba Konten Kreatif I, Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Kembali menggelar Lomba Konten Kreatif Pembangunan II. Pada Lomba Ke II ini subtema yang diusung adalah Wisata Desa, Pemberdayaan Perempuan, dan UMKM Tangguh. Dari tiga sub thema tersebut jumlah kontens video yang masuk ke e-mail panitia sebanyak 20 buah .

Kepala Dinas Kominfo Kab.Tegal Dessy Arifianto mengatakan, meski jumlah pesertanya tidak sebanyak Lomba pertama, pihaknya tetap mengapresiasi antusisasme masyarakat yang mengirimkan produksi konten video ini. “Ditengah situasi Covid yang semakin meningkat kasusnya, bertepatan dengan bulan Ramadhan dan Lebaran, serta maraknya lomba serupa, namun sebagian masyarakat masih antusias mencurahkan kreasinya untuk mengikuti lomba ini”. Katanya Selasa 29 Juni 2021 di kantornya.

Menurut Dessy, lomba konten video dimaksudkan untuk mensosialisasikan program atau kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Tegal kepada seluruh masyarakat melalui konten-konten video yang menarik. Hal ini juga melihat banyaknya pengguna media sosial yang kontennya hanya berisi sekadar swa foto, swa video, sehingga kreatifitasnya perlu disalurkan, diarahkan dan dimanfaatkan untuk hal – hal yang positif.

Disamping itu lomba ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya generasi muda yang menyukai dunia akting, film dan sinematografi, untuk berkreatifitas sekaligus agar mereka memahami program – program pembangunan Pemerintah.

Harapannya dengan lomba ini generasi milenial yang selama ini hanya membuat konten selfi, atau eksistensi diri, bisa mulai berpikir kreatif, inovatif, menginspirasi dan mengedukasi masyarakat lain, mengetahui program – program pembangunan pemerintah melalui ide – ide pembuatan konten video.

Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I yang dimulai pada 20 Mei dan ditutup 10 Juni 2021 lalu diikuti oleh 16 peserta dengan jumlah kiriman video sebanyak 20 video, terdiri dari 4 video subtema Wisata Desa, 8 video subtema Pemberdayaan Perempuan, dan 8 video subtema UMKM Tangguh.

Dessy Arifianto menambahkan, unsur penilaian lomba meliputi : Keseuaian dengan tema, substansi, Isi atau pesan yang disampaikan, kualitas gambar, tata suara, Pengambilan angle, momen, pencahayaan, ilustrasi musik, kreativitas, inovasi, inspirasi, dan edukasi.

Mendasari penilaian dewan juri yang terdiri unsur praktisi perfilman, praktisi seniman dan unsur pemerintah ditetapkan sebagai pemenang adalah :
Subtema Wisata Desa :
Juara I Rice Mill Image Desa Tanjung Harja Kramat
Juara II Sawang Sinawang Jl. Dr. Soetomo Slawi
Juara III PNA Production Ds. Pengabean RT 03 / RW 02 Kec. Dukuhturi

Subtema Pemberdayaan Perempuan :
Juara I Kate Picture Slarang Lor RT 01 / RW 01 Kec. Dukuhwaru
Juara II Tim Penggerak PKK Desa Sumingkir Jl. Raya sumingkir Kedungbanteng
Juara III Skanu Films Jl. Jend. A. Yani No. 20 Procot Slawi.

Subtema Desa UMKM Tangguh :
Juara I Kate Picture Slarang Lor RT 01 / RW 01 Kec. Dukuhwaru
Juara II GTT Cinema Jl. Kleben, Ds. Gembong Kulon RT 04 / 02 Kec. Talang
Juara III Buluk Picture Desa Lebeteng Kec. Tarub.

Kepada para juara diberikan sertifikat dan hadiah berupa uang pembinaan masing masing sebesar Rp. 3.000.0000- untuk juara I , Rp. 2.500.000,- juara II dan Rp. 2,000.000,- untuk juara III. Total hadiah yang disediakan sebanyak Rp. 22,5 juta untuk tiga sub tema.

“Kami sampaikan selamat kepada para pemenang. Kepada para peserta yang belum berhasil mendapat juara, tunggu Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan Ke- III. Dalam waktu dekat ini Lomba Konten Video dan Lomba Animasi yang akan segera dibuka adalah DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau), seerta Festival Film Tegal,” pungkas Dessy Arifianto. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar