Tempat Pengolahan dan Penyulingan Minyak Daun Cengkih di Sedayu Hangus Terbakar


SIBERONE.COM - Sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat proses pengolahan dan penyulingan daun cengkih hangus terbakar. 

Kebakaran yang terjadi menghanguskan tempat pengolahan dan penyulingan minyak daun cengkeh milik Mustakim (30) warga dukuh Jetis, Desa Sedayu, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, pada Kamis (24/6/2021) malam. 

Menurut keterangan Danramil 07/Bandar Kapten Cpm Joko Wahono yang di peroleh dari seorang saksi, '' bahwa sekitar pukul 18.30 Wib, ibu Musyarifah setelah melaksanakan sholat magrib melihat adanya kobaran api yang berada disebelah rumah miliknya, kemudian dirinya keluar,melihat api sudah membesar membumbung tinggi ditempat pengolahan dan penyulingan daun cengkeh milik anaknya.

''Mengetahui adanya kebakaran, Mustakim yang merupakan seorang anak dari Musyarifah mencoba memadamkan api dengan alat alkon dibantu warga sekitar menggunakan alat seadanya, namun kobaran api tidak bisa padamkan, karena api bertambah membesar '', terangnya.

Dijelaskan Danramil, kemudian Babinsa Sedayu Sertu Supriyono setelah mendapat laporan dari warga adanya tragedi kebakaran, Ia langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Bandar untuk melakukan pemadaman api di TKP. 

''Setelah tiba dilokasi, Babinsa Sertu Supriyono bersama tim Damkar dibantu warga sekitar berusaha memadamkan kobaran api, lanjut dia, ''Api berhasil di padamkan setelah setengah jam kemudian dengan menggunakan 1 unit mobil Damkar '', jelasnya.

Danramil juga menambahkan, peristiwa kebakaran terjadi diperkirakan disebabkan oleh sisa bara api yang digunakan dalam proses penyulingan sehingga menjadi pemicu kebakaran, dalam peristiwa tidak ada korban jiwa, namun mengalami kerugian materiil diperkirakan kurang lebih mencapai 80 juta rupiah '', pungkasnya. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar