Sandiaga Uno - Budi Arie Setiadi Jadi Dewan Pembina Asosiasi Desa Kreatif, Kolaborasi Bangkitkan Ekonomi Desa


SIBERONE.COM - Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) telah merampungkan susunan kepengurusannya. Menteri Pariwsata & Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno beserta Wakil Menteri Desa PDTT RI, Budi Arie Setiadi masuk di jajaran Dewan Pembina Asosiasi Desa Kreatif Indonesia.

Kepengurusan DPP ADKI ini disahkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 007/SK/A/VI/2021 tentang Pengesahan DPP ADKI Masa Jabatan 2021- 2024. SK tersebut dibacakan oleh Budi Arie Setiadi, sebagai Ketua Dewan Pembina ADKI di Jakarta dalam Pelantikan DPP ADKI yang dilakukan secara Hybrid, 9 Juni 2021.

Berdasarkan SK tersebut, posisi Ketua Umum DPP ADKI dijabat oleh Tokoh Muda Penggerak Desa Kreatif, Fikri El-Aziz. Budi Arie Setiadi yang juga Ketua Umum Projo ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina DPP ADKI.

Sandiaga Uno, Menparekraf RI yang juga didapuk sebagai Dewan Pembina dalam video rilisnya menyampaikan bahwa Desa Kreatif adalah Energi & Diferensiasi dari spirit ekonomi kreatif masyarakat desa.

"Saya berharap desa kreatif ke depan akan mampu melahirkan inovasi & produk kreatif berkelanjutan untuk membuka lapangan kerja seluas- luasnya bagi masyarakat desa," katanya.

Untuk diketahui Pada Senin, 21 Juni 2021 DPP ADKI telah melakukan Deklarasi 46 Desa Kreatif Indonesia yang disaksikan Dewan Pembina ADKI Sandiaga Uno- Budi Arie Setiadi secara Virtual. Dalam deklarasi tersebut juga dilakukan penandatangan MoU antara ADKI & Pemerintah Desa dalam Program Pendampingan Desa Kreatif terpadu.

"Saya mendapat laporan dari Ketua Umum, ADKI saat ini tengah fokus melakukan Penciptaan Lapangan Kerja di desa lewat Program 1000 Desa Kreatif, ini program yang luar biasa, saya berharap berbagai stake holder baik pemerintah maupun swasta dapat mendukung gerakan ini, sesuai visi Presiden Jokowi,  Membangun Indonesia dari desa," ujar Ketua Dewan Pembina ADKI, Budi Arie Setiadi.

Sementara itu Ketua ADKI, Fikri El-Aziz menyampaikan bahwa Desa Kreatif akan menjadi solusi ditengah meningkatnya Positive Rate Covid-19. Pendampingan Desa Kreatif Terpadu yang dilakukan ADKI secara hybrid akan membantu masyarakat desa untuk menggali potensi ekonomi di desa dan memasarkannya baik secara nasional, maupun internasional.

"ADKI merupakan Asosiasi Pemerintah Desa yang berfokus dalam pengembagan Potensi & Pelaku Ekonomi Kreatif di Desa. Dalam perjalanannya Senin, 21 Juni 2021 ADKI telah melakuan Deklarasi 46 Desa Kreatif Indonesia secara Virtual yang disaksikan Menparekraf RI, Sandiaga Uno, Wamendes PDTT RI, Budi Arie Setiadi, dan Perwakilan dari Bank Syariah Indonesia," tandasnya.

Dalam Deklarasi tersebut Bank Syariah Indonesia (BSI) yang diwakili, M.Isnaeni, Micro Banking Group Head menyampaikan sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI siap mendukung penuh gerakan Desa Kreatif Indonesia yang digagas ADKI bersama Dewan Pembina Sandiaga Uno & Budi Arie Setiadi.

"Harapannya ke depan akan tercipta ekosistem ekonomi kreatif yang dapat membuka lapangan kerja baru serta meningkatkan kesejahteran bagi masyarakat desa sehingga dapat berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," pungkasnya. (DN)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar