Tekan Covid, PMI Jateng Operasikan 8 Armada Gunner


SIBERONE.COM - Penguatan dukungan operasi di Jawa Tengah dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) menyusul kenaikan kasus covid-19 beberapa hari belakangan. Personel PMI Provinsi disiagakan untuk membantu pemerintah setempat menanggulangi lonjakan kasus tersebut. PMI juga mengirimkan masker dan perlengkapan perlindungan diri ke beberapa daerah di Jawa Tengah.

Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla menerangkan, selain penyiagaan personel dan pengiriman logistik, PMI akan mengalihoperasikan sejumlah armada disinfeksi (gunner) ke wilayah-wilayah zona merah. Armada tersebut, lanjutnya, akan didukung tim disinfeksi yang menyisir pemukiman serta fasilitas publik.

"Dalam rapat koordinasi, para kepala Markas, khususnya yang di Jawa Tengah, sudah kami instruksikan untuk penguatan operasi. Kami juga di Markas Pusat akan menyediakan logistik yang diperlukan," terang JK, Kamis (9/6/2021).

Sejauh ini, dukungan logistik yang telah dikirim di antaranya masker medis, masker kain, alat penyemprot disinfektan, baju hazmat,  sarung tangan, serta pail kaporit.

Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said menambahkan, sejumlah kepala markas PMI diinstruksikan menyiagakan jajarannya di posko-posko penyekatan mikro maupun makro. Mereka diminta aktif melaksanakan promosi kesehatan serta membagikan perlengkapan perlindungan diri ke masyarakat setempat.

"Bukan hanya di Jawa Tengah tapi daerah lain juga berpotensi ada kenaikan. Kita harus antisipasi lebih dini lonjakkan itu," terangnya

Wakil Bupati Brebes Narjo menyampaikan rasa terimakasih untuk PMI Pusat dan PMI Jateng yang konsisten membantu masyarakat. "Terimakasih atas bantuan armada Gunner dari PMI Pusat. Brebes saat ini masuk zona merah, sehingga perlu lebih intensif lagi untuk pencegahan covid di Brebes, yang jumlah penduduknya lebih dari 2 juta jiwa," ujar Wabup Narjo.

Ketua PMI Jateng Sarwa Pramana mengatakan bahwa armada Gunner yang diperbantukan saat ini 8 unit. "Saat ini Gunner diprioritaskan di wilayah zona merah. Dan tentunya untuk operasional dilapangan bekerjasama dan bersinergi dengan pemerintah setempat," kata Sarwa didampingi Ketua PMI Brebes Wahidin Soedja, saat menerima secara simbolis tambahan 5 unit armada Gunner di Brebes (kamis malam, 10/6)

Hingga saat ini, PMI di Jateng masih terus bergerak melakukan penyemprotan dan sosialisasi cegah covid. "Dukungan armada PMI Pusat di Jateng saat ini ada 17 unit mobil spraying, 8 unit gunner dan 22 unit kendaraan roda 3 (tiga). Terimakasih PMI Pusat atas segala dukungannya untuk Jawa Tengah," jelas Sarwa didampingi Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin Muh Hadi.

Sebelumnya 3 unit gunner dioperasikan di Rembang, Kudus dan Grobogan. Sedangkan 5 unit baru dioperasikan di Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Demak dan Kabupaten Pati. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar