Pasca Idul Fitri 1442 H, Polres Pekalongan Gelar Rapid Antigen Gratis Secara Acak


SIBERONE.COM - Kepolisian Resor (Polres) Pekalongan menggelar random rapid test atau tes cepat deteksi bebas COVID-19 dengan metode secara acak. Adapun pihaknya juga memperkenankan warga di pusat keramaian itu untuk mengikuti tes skrining Covid-19 itu secara gratis, Selasa (25/5/2021)

Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., melalui Kasubbag Humas AKP Akrom mengatakan random tes cepat tersebut berupa antigen yang dilakukan untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang melakukan perjalanan usai momentum Lebaran 2021.

"Ini cara yang dilakukan kepolisian untuk melakukan cek dari orang-orang yang melakukan perjalanan. Yang sudah bawa surat izin dan hasil tes maka dipersilakan jalan, tapi yang tidak bawa surat bebas COVID-19 langsung dites di sini," ujar Kasubbag Humas, Rabu (26/5/2021) 

Menurut dia, pemeriksaan tes cepat bebas COVID-19 tersebut dalam rangka pelaksanaan pengetatan perjalanan bagi pengemudi kendaraan usai larangan mudik Lebaran 2021 maupun arus balik pasca Idul Fitri 1442 H.

Dalam kegiatan rapid test gratis  tersebut tidak hanya diperuntukan bagi masyarakat saja, ada sebagian personil yang terlibat dalam Operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) juga turut mengikuti tes skrining Covid-19.

Kasubbag Humas mengatakan tes cepat antigen tersebut merupakan upaya "skrining" awal untuk mencegah penularan COVID-19 di saat tingginya mobilitas masyarakat usai lebaran.

Ia berharap, langkah yang dilakukan Polres Pekalongan tersebut bisa mendukung program random tes cepat yang dilakukan pemerintah, ujar Kasubbag Humas. (*)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar