Membuka Kegiatan Advokasi Bupati Asahan Yang Di Wakilii PJ. Sekda Kabupaten Asahan Drs.John Hardi Nasution, M.Si


Asahan, Siberone.com - Bupati Asahan yang diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si membuka kegiatan Advokasi Kepada Pemangku Kebijakan Daerah Dalam Promosi dan KIE Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kelahiran Mencegah Stunting Di Kabupaten Asahan, Rabu (07/04/2021).

 

Kegiatan yang bertempat di Aula Kantor Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Asahan

 

Kegiatan ini dihadiri juga oleh BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Bappeda Provinsi Sumatera Utara, TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Asahan dan Dinas yang terkait tentang kegiatan ini.

 

 

Bupati Asahan pada pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si mengatakan pada program 1000 hari pertama kehidupan mencegah stunting.

 

“Kami mengharapkan kepada semua Pimpinan OPD di Kabupaten Asahan dan lembaga terkait untuk mendukung pelaksanaannya sehingga tujuan menyiapkan generasi emas melalui program 1000 hari pertama,” ucap John Hardi.

 

Kemudian beliau mengatakan kehidupan kita harapkan berdampak baik bagi anak-anak Asahan hingga dewasa nantinya menjadi sehat, cerdas dan kuat.

 

Salah satu masalah gizi merupakan persoalan stunting yang patut menjadi perhatian untuk segera dituntaskan.

 

 

Stunting merupakan permasalahan gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam waktu lama atau kronis.

 

“Ini terjadi sejak bayi dalam kandungan karena saat hamil sang Ibu kurang mengkonsumsi makanan bergizi,” ungkapnya.

 

Kemudian Stunting disebabkan oleh faktor multi dimensi intervensi yang paling menentukan untuk dapat mengurangi pervalensi stunting perlu dilakukan pada 1000 hari pertama kehidupan dari anak balita.

 

“Oleh karena itu untuk mencetak anak Indonesia yang sehat dan cerdas, langkah awal yang paling penting adalah pastikan pemenuhan gizi Ibu dengan baik selama masa kehamilan hingga anak menginjak usia 2 tahun,” jelasnya.

 

Selanjutnya apabila semua pihak terkait memberikan kontribusi sesuai tugas pokok dan fungsinya ditingkatan Wilayah kerja, maka pencegahan dan penanggulangan stunting melalui program 1000 hari pertama kehidupan akan berjalan dengan baik dan sukses sesuai yang kita harapkan.(yg)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar