Nyadran warga Desa Pakis, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa-tengah


SIBERONE.COM||-Kendal- Tradisi Sadranan atau Nyadran hampir tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat Desa Pakis, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Budaya yang dilakukan sejak lama ini, dilaksanakan di bulan Sya'ban / Rajab atau menjelang Ramadhan. Tahun ini, nyadran dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19 sehingga warga yang datang hanya berdasarkan warga setempat.

 

Dalam sambutannya Kepala Desa Mengatakan "Sebelum pandemi Covid-19, acara sadranan selalu dihadiri oleh sanak saudara yang tinggal di luar kota. Namun saat ini, mereka tidak pulang karena memang situasi yang tidak memungkinkan," kata Kepala Desa Pakis, Wibisono, Jumat (26/03/2021 ).

 

Di hadapan puluhan warga yang mengikuti Doa sadranan ini, Pak Kepala Desa Wibisono, mengingatkan agar selalu patuh terhadap (Prokes) protokol kesehatan dan PPKM.

 

Di tambahkan juga oleh Kepala Desa Pakis "Jangan sekali-kali mengucilkan warga yang terkena Covid-19. Karena Covid itu penyakit dan bukan aib," ujarnya.

 

Sadranan bagi warga Pakis, merupakan tradisi turun-temurun untuk menghormati leluhur serta sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan. Tradisi ini sudah diawali dengan bersih-bersih makam bersama warga Desa Pakis pada - Kamis (25/03/2021). 

 

Selesai bersih-bersih lanjutkan dengan makan bersama di seputaran Makam Desa Pakis. Mereka duduk dihalaman Makam dengan menggelar tikar dan daun pisang. Warga tetap terlihat Prokes menggunakan masker saat acara berlangsung. Sebelumnya, mereka juga tetap patuh (3M) cuci tangan menggunakan sabun.

 

Kenduri menjadi satu rangakaian Nyadran yang paling ditunggu, Rasa kebersamaan antar keluarga dan warga lainnya tercipta di momen ini, tanpa membedakan kaya atau miskin. Warga menikmati makan bersama, diharapkan tradisi tetap dilestarikan agar kerukunan warga tetap terjalin.

 

Rangkaian Acara Nyadran Selanjutnya di laksanakan di Gedung Kantor Desa Pakis, Jumat- (26/03/2021), dengan doa bersama (tahlil) yang dipimpin oleh ulama desa setempat. hadir Dalam Acara Doa Nyadran Kepala Desa Pakis, BPD, Toga/Tomas Babinsa-Bhabinkamtibmas Desa Pakis dari Koramil 14/Limbangan Serma Sukisno dan Bhabinkamtibmas Polsek Limbangan AIPDA. Isman, serta perwakilan Warga Desa Pakis, Kegiatan tetap mematuhi Prokes , Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Tetap menjaga Jarak, memang acara tidak begitu rame seperti tahun sebelum Pandemi Covid-29, Tetapi tetap Khidmat dan Lancar.

 

Saat tamu undangan dan warga sudah lengkap, kemudian dilaksanakan doa bersama yang di pimpin Ulama Desa Pakis.

Usai berdoa, semua Tamu Undangan menikmati makan bersama di Gedung kantor Desa, Makanan yang sudah disiapkan oleh Ibu-ibu Masakan Khas Warga Desa Pakis. 

 

Biasanya makanan yang dibawa khas tradisional, antara lain opor ayam kampung, sayur buncis, sambal goreng kentang, rempah, rempah-rempah serta lauk lainnya.(Supriyadi).


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar