Cegah Terjadinya Longsor, Tebing Tepi Jalan Desa Sangu Banyu Tanami Rumput Vetiver


SIBERONE.COM -- Tak ingin kembali terjadinya tebing longsor saat terjadi hujan dan untuk memperkuat tebing, kini dilakukan penanaman rumput vetiver dengan tujuan untuk mencegah bencana longsor yang ada di Desa Sangu Banyu, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Kamis (25/3/2021)

 

Kegiatan penanaman rumput vetiver diinisiasi oleh BPBD Kabupaten Batang bersama Forkopimcam yang melibatkan jajaran TNI, Polri, Kepala Desa beserta Masyarakat Desa Sangubanyu.

 

BPBD Kabupaten Batang melalui Kasitrantib Joko Subagyo menjelaskan, Kabupaten Batang mensuplay bibit rumput vetiver kemudian untuk ditanam ditebing dengan tujuan untuk mencegah terjadinya longsor, dengan harapan dengan adanya upaya seperti ini mudah - mudahan kedepan apabila terjadi hujan lebat tebing semi permanen yang berada ditepi jalan mampu menahan tekanan air.

 

'' Memang tekstur tanah tebing sangat gembur, semoga setelah rumput vetiver tumbuh akarnya akan berfungsi sebagai penguat tanah sehingga mampu mencegah terjadinya longsor '', ujarnya.

 

Sementara saat dilokasi Kopda Dodik Babinsa Koramil 4/Bawang mengatakan, ''Wilayah Binaan Kami merupakan daerah dataran tinggi yang kerap terjadi longsor terutama di musim hujan, tentunya dengan adanya upaya penanaman rumput vetiver di tebing tepi jalan tentunya dapat mencegah resiko longsor. Semoga upaya seperti ini terus dilakukan terutama di daerah rawan longsor yang ada di Kabupaten Batang''. Ucapnya. (HS)


[Ikuti Siberone.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar